Mengintip Total Kekayaan Ridwan Kamil

JAKARTA – Sosok Ridwan Kamil begitu dikenal luas sejak menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Pria yang disapa Kang Emil ini merupakan pejabat berlatar belakang arsitek. Dilansir dari kompas.com, sebelum memimpin Bandung, Kang Emil juga sempat menjadi dosen di almamaternya ITB. Pria kelahiran Bandung yang kini berusia 49 tahun ini sempat mendirikan Urbane, sebuah firma konsultan jasa perencanaan dan arsitek pada tahun 2004. Baru di tahun 2013, Kang Emil terjun ke politik dengan maju menjadi calon Wali Kota Bandung bersama dengan wakilnya Oded Muhammad Danial. Mereka menang telak dengan mengantongi 45 persen suara dan mengalahkan 7 pasangan lainnya. Banyak sentuhan seni arsitekturnya dalam sejumlah proyek di Kota Bandung selama kepemimpinannya. Yang paling mencolok yakni saat Kota Bandung sukses menjadi penyelenggara Konferensi Asia Afrika (KAA).

Kepopuleran pemimpin daerah berjuluk ‘Wali Kota Gaul’ ini mengantarkannya terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat ( Jabar). Dia terpilih pada Pilgub Jabar 2018 lalu, berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Mengintip Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN), Ridwan Kamil terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada Desember 2019 sebagai Gubernur Jabar. Total harta kekayaan yang dilaporkan yakni sebesar Rp 13,54 miliar atau tepatnya Rp 13.548.369.232. Hartanya mengalami kenaikan dibandingkan pada tahun 2013 saat masih awal Wali Kota Bandung yakni sebesar Rp 5,08 miliar. Kekayaan terbesar suami dari Atalia Praratya ini berasal dari aset properti yang nilainya dilaporkan sebesar Rp 13,46 miliar.

Ridwan Kamil tercatat memiliki 13 bidang tanah dan bangunan yang seluruhnya merupakan hasil sendiri alias bukan hibah dan warisan. Properti miliknya banyak tersebar di Kota Bandung. Kang Kamil juga tercatat memiliki beberapa bidang tanah di lokasi lainnya antara lain Gianyar, Bandung Barat, dan Jakarta Selatan. Sementara aset berupa alat transportasi, Ridwan Kamil melaporkan kepemilkan mobil Hyundai Santafe Jeep tahun 2017 dengan taksiran Rp 415 juta, lalu motor Royal Enfield 2017 sebesar Rp 87,9 juta. Ditambah dengan kendaraan roda dua lain berupa motor bebek, total aset alat transportasi dan mesin yang dilaporkannya yakni sebesar Rp 519,5 juta.

Berikutnya aset lain yang dilaporkannya yakni harta bergerak lain sebesar Rp 235,74 juta. Lalu surat berharga sebesar Rp 720 juta. Untuk harta berupa kas dan setara kas, Ridwan Kamil tercatat memiliki Rp 3,08 miliar. Kemudian harta lainnya sebesar Rp 318 juta. Terakhir dalam laporan LHKPN miliknya, Kang Emil juga memiliki utang yang nilainya sebesar Rp 4,78 miliar. (bbs/tur)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top