Perpustakaan Kota Buka Kembali

TAMPAK SEPI: Meski sudah kembali dibuka, namun perpustakaan Kota Cimahi masih sepi pengunjung. Hal tersebut diduga karena pandemi.

CIMAHI – Perpustakaan Umum Kota Cimahi yang berlokasi di Jalan Daeng Moh. Ardiwinata, Cibabat kembali dibuka pada Senin (6/7), setelah sempat ditutup selama hampir tiga bulan akibat pandemi Covid-19. Selama beroperasi, protokol kesehatan pun harus dipatuhi oleh para pengunjung dan pengelola perpustakaan untuk menghindari paparan Covid-19.

Meskipun sudah dibuka kembali, namun layanan baca di tempat, layanan surat kabar dan majalah, serta layanan internet untuk sementara belum diperbolehkan, karena keterbatasan ruangan untuk mematuhi anjuran physical distancing.

”Udah buka sejak senin kemarin. Melayani peminjaman dan pengembalian buku. Bacanya di rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono di Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (8/7).

Selain itu, untuk membatasi jumlah pengunjung, peminjam buku harus sudah terdaftar atau memiliki kartu anggota. Saat berada di dalam perpustakaan pun pengunjung harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pihak pengelola.

”Peminjam buku tidak masuk dan mencari buku, hanya mengisi formulir buku apa yang akan dipinjam. Lalu nunggu. Nanti petugas yang akan mencarikan bukunya kemudian diserahkan ke anggota,” beber Harjono.

Sementara untuk pengembalian buku, sambung Harjono, peminjam harus mengisi formulir, menunjukkan buku yang dikembalikan, buku itu disimpan pada box yang sudah disiapkan.

”Kita siapkan juga tempat cuci tangan pakai air dan sabun di luar, pengunjung wajib pakai masker, dan lain-lain,” ujarnya.

Diakui Harjono, jumlah pengunjung yang datang pasca ditutup selama beberapa bulan belum terlalu banyak. Berdasarkan data dari Perpustakaan Umum Kota Cimahu, jumlah pengunjung pada Senin sebanyak 11 orang, selasa 17 orang, dan Rabu 10 orang.

”Pengunjungya belum banyak, karena prioritas untuk anggota. Jam operasionalnya juga kami batasi dari jam 09.00 – 14.00 WIB. Biasanya dari jam 08.00 – 15.00 WIB. Sabtu tetap buka,” bebernya.

Kepala Seksi (Kasi) Layanan dan Promosi Perpustakaan Diskominfoarpus Kota Cimahi, Budi Anwar manambahkan, selama perpustakaan ditutup, pihaknya melakukan penataan dan pembersihan ruangan untuk menghindari paparan penyakit, dan untuk keyamanan para pembaca, saat perpustakaan dibuka kembali.

”Jadi selama pembatasan layanan, kami melakukan pembersihan ruangan atau sterilisasi, penataan koleksi, pengerjaan administrasi laporan, dan restorasi koleksi yang rusak,” katanya. (ziz)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top