Pilkada Tak Mungkin Mundur

ERIKSA FASILITAS: KPU pusat saat menunjukan kesiapan kotak suara yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar mengatakan, pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tidak bisa ditunda lagi.

Pilkada harus tetap dilaksanakan untuk menghindari kekosongan pimpinan pejabat di daerah.

Bahtiar mengatakan Pemerintah Daerah siap bersinergi melaksanakan Pilkada Serentak pada Desember 2020 mendatang.

“Tidak ada opsi lain, banyak jabatan yang akan berakhir pada Februari 2021, menunda Pilkada tentunya akan menghambat penyelenggaraan pemerintah daerah,” ujar Bahtiar rapat sarasehan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan tajuk Sinergi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah, Rabu (3/6).

Bahtiar juga memastikan pelaksaan Pilkada Serentak akan menggunakan protokol kesehatan pada setiap tahapannya, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Pemerintah daerah diminta untuk menyesuaikan kondisi dan menciptakan tatanan normal baru yang produktif dan aman bagi masyarakat.

“Kita harus tetap optimis bahwa kita mampu menghadapi pandemi Covid-19 ini bersama. Mendagri sudah mengadakan Lomba Inovasi dan Gagasan Pemda dalam menyiapkan tatanan baru yang aman. Kemendagri juga telah menyusun buku pedoman manajemen penanganan Covid 19 dan dampaknya bagi Pemda,” tambah Bahtiar yang juga Kapuspen Kemendagri itu.

Kemendagri akan melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa daerah untuk memberikan semangat serta apresiasi terhadap inovasi Pemda yang telah bekerja keras menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Alhamdulillah, di tengah Pandemi Covid-19, hubungan antara Pemerintah Pusat dan Daerah tetap terjaga, ini terlihat dari stabilitas negara yang harus tetap kita jaga,” kata Bahtiar. (jpnn/drx)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top