Wisma Atlet, Hotel BUMN, Pulau Galang Akan Dijadikan Tempat Observasi Korona

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengusulkan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, menjadi rumah sakit darurat untuk menghadapi virus korona. Selain itu, Jokowi meminta jajarannya untuk menginventarisasi fasilitas-fasilitas lainnya untuk dijadikan lokasi observasi darurat.

“Diperlukan juga bisa memanfatkan Wisma Atlet di Kemayoran. Ini kapastas cukup besar, kalau enggak keliru 15 ribu dan hotel BUMN yang juga bisa dipakai,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas untuk membahas laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (19/3).

Jokowi juga menginginkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyiapkan rencana kontingensi di daerah-daerah. Termasuk percepatan pembangunan fasilitas kesehatan untuk virus menular di Pulau Galang di Kepualuan Riau.

“Kemudian, menyiapkan rencana kontingensi kesiapan layanan rumah sakit. Baik RS rujukan yang sudah ditetapkan juga mobilisasi RS lain milik BUMN, TNI, Polri, RS swasta dan juga RS darurat apabila diperlukan,” kata Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan Gugus Tugas menyiapkan protokol kesehatan yang jelas dan sederhana kepada masyarakat. Menurut dia, hal itu penting agar masyarakat mendapat pencerahan terkait virus korona.

“Terkait dengan hasil rapid test ini apakah karantina mandiri, self isolation, ataupun memerlukan layanan rumah sakit. Protokol kesehatan lebih jelas,” kata Jokowi.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top