Warga Majalaya Dirujuk ke RSHS, Diduga Terkena Virus Corona

SOREANG – Seorang wanita berusia 55 tahun, warga Kabupaten Bandung diduga terjangkit virus corona, setelah melakukan perjalanan ke Negara Thailand dan Singapura. Saat ini pasien sudah dilakukan perawatan di ruang isolasi RS Hasan Sadikin Bandung.

Kasi Surveillance dan Imunisasi P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Edy Kusno membenarkan adanya terduga warga Kabupaten Bandung yang diduga terjangkit virus Corona.

“Awalnya pasien X pulang dari Thailand dan Singapura, lalu pulang ke Indonesia pada Jumat 20 Februari 2020. Pasien X ini lolos dari Thermal Scanner atau pengukur suhu badan. Namun setiba di rumah, pasien mengalami gejala virus tersebut,” ungkap Edy saat di wawancara, Senin (24/2).

Karena khawatir, lanjut Edy, pasien tersebut berobat ke dokter yang ada di Kecamatan Ibun, karena tak kunjung sembuh, pasien langsung melakukan pengecekan ke Laboratorium RSUD Majalaya.

Berdasarkan pemeriksaan dan hasil lab, pasien ternyata mengalami gejala pneumonia. Sehingga pihak RSUD Majalaya langsung merujuk pasien X tersebut ke RS Hasan Sadikin.

“Karena kita harus ada kewaspadaan dini, kemudian pasien x di rujuk ke RSHS karena peralatannya lengkap. Kemudian diperlakukan terduga terjangkit virus corana, sehingga pasien mendapatkan perwatan di RSHS,” kata Edy.

Dia mengatakan, untuk memastikan tidask ada lagi yang tertular pihaknya langsun melakukan investigasi ke keluarga pasien untuk melakukan pemeriksaan. Namun setelah di periksa pihak keluarga semua sehat tidak ada gejala virus Corona.

“Kami akan melakukan pemantauan selama 14 hari kepada pihak keluarga pasien x, apabila ada gejala seperti itu, kami pun akan koordinasikan dengan RSHS,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya melakukan semua ini, karena terduga tersebut telah melakukan perjalanan ke negara Thailand dan Singapur. Saat ini, kedua negara tersebut pun telah terjangkit virus Corona.

“Terlepas pasien x terkena atau tidak, tetapi apabila ada gejala kesana, maka kami harus diteksi dini dan harus segera melakukan menanganan, pasalnya penyebaran virus corona sangat cepat,” jelasnya.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top