Gali Potensi Siswa Melalui Ekskul Jurnalis

BANDUNG-Ekstarakurikuler menjadi salah satu wadah bagi siswa di sekolah untuk menyalurkan ataupun mengasah minat dan bakatnya.

BANDUNG-Ekstarakurikuler menjadi salah satu wadah bagi siswa di sekolah untuk menyalurkan ataupun mengasah minat dan bakatnya. Sekolah pada umumnya akan menghadirkan berbagai macam ekstrakurikuler agar siswa mengeksplorasi diri. Salah satu inovasi dihadirkan oleh SMPN 46 Bandung dengan membentuk ekstrakurikuler Jurnalis.

Ekstrakurikuler yang sudah dibentuk sejak 2016 ini mewadahi siswa yang memiliki passion di dunia jurnalistik. Menurut Staff Kesiswaan SMPN 46 Bandung, Susi Suvianti, tujuan awal dibentuknya ekskul Jurnalis agar setiap kegiatan sekolah dapat dipublikasikan dalam bentuk karya jurnalistik.

“Nah, terkadang banyak sekali kegiatan (sekolah) yang tidak terpublikasikan baik di media sosial maupun di mading. Dari situ lah dirasa perlu mengadakan ekskul Jurnalis,” kata Susi, saat ditemui Jabar Ekpres, di ruang kerjanya, Selasa (17/2).

Susi menjelaskan, tak hanya aktif dalam mempublikasikan kegiatan sekolah serta mengisi mading, ekskul Jurnalis juga tak jarang turut serta dalam berbagai kegiatan di luar sekolah. Salah satu kegiatan yang sering diikuti kata Susi, ialah pemilihan Duta Literasi dan Duta Baca yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusip) Kota Bandung.

“Perwakilan dari ekskul Jurnalis kami juga sempat meraih peringkat 1 Duta Baca se Kota Bandung,” sebutnya.

Ekskul Jurnalis SMPN 46, Susi melanjutkan, memiliki beragam kegiatan yang dilakukan setiap hari Sabtu. Kegiatan tersebut antara lain pelatian menulis berita, mengulas buku, ataupun latihan public speaking. Di mana kegiatan itu kata susi, biasanya diikuti oleh siswa yang tergabung dalam ekskul Jurnalis.

“Jumlah siswa yang tercatat sebanyak 20 orang aktif mengikuti kegiatan tersebut,” tandasnya.
Menurut Susi, guru memiliki peran sangat penting dalam menggali potensi para siswa. Setiap anak kata dia, memiliki potensi, tergantung ada atau tidaknya keinginan dari guru untuk membimbing anak tersebut.

Susi pun berharap, bahwa anak-anak yang tergabung dalam eskul tersebut mampu mengasah minat dan bakatnya dalam mempublikasikan berbagai kegiatan di dalam sekolah khususnya.

“Saya juga berharap para siswa mampu menorehkan berbagai prestasi di kemudian hari untuk turut serta mengharumkan nama SMPN 46 Bandung,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa tak jarang ekskul ini disertai dengan berbagai kajian.

“Dengan dibekali ilmu agama, hal yang sudah mereka pelajari dapat menjadi ladang dakwah serta mencetak generasi gemilang berakhlakul karimah,” pungkas Susi, yang juga salah satu pelopor eskul Jurnalis di SMPN 46 Kota Bandung ini.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top