Menikmati Sensasi Sauna ‘Leuhang’ untuk Kebugaran

PASIRJAMBU – Sauna atau mandi uap sebetulnya sudah hadir sejak zaman dulu. Seiring waktu, sauna merambah ke berbagai negara di dunia. Bahkan, sekarang mandi sauna sudah menjadi gaya hidup dalam menjaga kesehatan.

Akan tetapi, keberadaan sauna yang dikelola oleh Yayan Suryana, 60, sangat berbeda. Bahkan, sauna yang dimilikinya masih terbilangan jauh dari kata modern.

Warga Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung ini mengaku, menggeluti sauna tersebut sejak 2011 lalu. Hingga sekarang tetap konsisten melestarikan sauna tradisional sebagai metode pengobatan alternatif.

Menurutnya, sauna yang digelutinya diberi nama “Leuhang”. Walau berada diera modern, pihaknya tetap menerapkan metode tradisional. Bahkan menjadi kebutuhan atau gaya hidup modern di tanah air dan metode sauna ini bahkan menjadi tradisi turun temurun khususnya di leluhur suku Sunda.

”Sauna modern sebenarnya sudah dikenal dan dilakukan oleh orang orang terdahulu. Kita hanya melestarikan tradisi Sunda, hal ini sejak dulu kala dijadikan alternatif pengobatan. Karena bahan dasar yang digunakan meruapakan rempah rempah akar dan tumbuhan, yang dijadikan obat tradisonal sunda. Alhamdulillah, metode ini terbukti bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan,”jelasnya.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top