Resmikan Fasum, Pengelola Harus Prioritaskan Pedagang Lokal

BAHAS KEBERSIHAN: Didampingi tokoh Masyarakat Cicalengka, Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan (tengah) saat meninjau revitalisasi alun alun dan terminal Cicalengka.

CICALENGKA — Dalam jangka dekat, masyarakat Cicalengka akan menikmati fasilitas umum, sebelum diresmikan akhir Januari 2020 mendatang. Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan meninjau hasil revitalisasi Alun-alun dan terminal Cicalengka.

Luthfi mengatakan, pihaknya selaku legislatif memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan sebagaimana tugas pokok dan fungsi DPRD. Salah satu yang akan disoroti yakni hasil retribusi parkir dari alun-alun dan terminal.

”Kita akan awasi hasil retribusi parkir dari Alun-alun dan Terminal Cicalengka, apakah retribusi dari Alun-alun dan terminal Cicalengka ini masuk ke kas Pendapatan Asli Daerah (PAD), seberapa besarnya, nanti kita akan lihat. Karena soal retribusi parkir ini kan dikelola Dinas Perhubungan,” ungkap Luthfi saat ditemui di Cicalengka, Rabu (8/1).

Menurut Luthfi, terkait perdagangan pihaknya menyarankan agar pengelola Alun-alun Cicalengka untuk mengutamakan para pedagang warga Cicalengka, terlebih PKL yang belum tertampung oleh pasar. ”Saya menyarankan agar yang mengisi kios-kios di Alun-alun dan Terminal Cicalengka ini diutamakan warga Cicalengka, apalagi bagi PKL yang di pinggir jalan itu bagusnya mendapatkan tempat di kios yang ada di alun-alun,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Luthfi, pihaknya pun akan menyoroti soal kebersihan Alun-alun dan Terminal Cicalengka yang harus tetap terjaga. Pasalnya, walaupun kebersihan merupakan tanggung jawab bersama, namun harus ada petugas yang secara rutin membersihkannya. ”Sebab saya sendiri sampai sekarang belum tahu siapa yang akan mengelola alun-alun ini,” akunya.

Dia mengimbau, kepada para pengunjung nantinya untuk menjaga kebersihan bersama dan turut menjaga venue-venue yang ada di area bermain anak dan lapangan olahraga. ”Jangan sampai baru beberapa bulan diperbarui, sarana dan prasarananya sudah rusak lagi. Oleh karena itu, masyarakat harus turut menjaga fasilitas yang ada di alun-alun, apalagi revitalisasi alun-alun ini sudah menambah keindahan kota Cicalengka,” tegasnya.

Lebih lanjut, Lutfhi memberikan arahan soal keamanan di sekitar Alun-alun Cicalengka yang diharapkan dapat lebih memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. ”Terutama di malam hari itu diharapkan ada petugas Satpol PP atau Linmas yang standby di situ, bekerjasama dengan Polsek Cicalengka dalam rangka menghindari hal-hal yang tak diinginkan dan menjaga kondusifitas serta keamanan di alun-alun dan terminal,” pungkasnya.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top