Tahun Ini, Naik Haji dari Majalengka

SIAPKAN FASILITAS: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara IBIJB sebagai Embarkasi Haji 2020.

MAJALENGKA -Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bandara Embarkasi/Demarkasi Haji 2020 dari Menteri Agama RI Fachrul Razi.

“Saya mengucapkan syukur Alhamdulillah, perjuangan yang sangat panjang,” kata Uu di Terminal Keberangkatan BIJB Kertajati, Kab. Majalengka, Selasa (7/1).

“Ini luar biasa, karena jemaah haji Jawa Barat jumlahnya besar. Termasuk untuk umrah. Harapan kami, juga sudah mengarahkan ke para Kepala Kemenag Kabupaten/ Kota untuk mengajak masyarakat umrah lewat BIJB Kertajati,” tambahnya.

Menurut Uu, SK tersebut menggambarkan bahwa BIJB Kertajati sudah memenuhi semua syarat untuk jadi Em­barkasi/Debarkasi Haji.

Terkait asrama haji, kata Uu, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dan Kementerian Agama RI ber­sepakat membangun asrama haji di Kab. Indramayu. Se­dangkan, pada 2020, asma­ra haji Bekasi masih akan digunakan.

“Asrama haji sudah dipu­tuskan di Indramayu, untuk pemerataan (pembangunan) Jawa Barat. Tahun ini sedang dibangun. Mudah-mudahan tahun depan, 2021 baru bisa,” katanya.

Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi menga­takan bahwa BIJB Kertajati sudah siap dan layak diguna­kan sebagai Embarkasi/De­barkasi Haji 2020. Dia juga mengingatkan kepada peng­elola BIJB Kertajati bahwa GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi akan melakukan survei.

“Alhamdulillah hari ini kita putuskan bersama kalau BIJB akan kita gunakan sebagai lapangan Embarkasi/Debar­kasi Haji 2020,” ucapnya.

Fachrul berharap BIJB Ker­tajati semakin terkenal setelah menjadi Embarkasi/Debar­kasi Haji 2020.

Direktur Jenderal Penyelen­ggaraan Haji dan Umrah Ke­menag Nizar mengatakan, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah. Jumlah ini tergabung 97 kelom­pok terbang (kloter) ini meng­gunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang se­kali terbang.

“Inilah saat yang ditunggu-tunggu muslim Jabar, pene­tapan BIJB Kertajati sebagai Embarkasi/ Debarkasi Haji,” katanya.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top