Dua Pelajar Tenggelam di Sungai Cimanuk

Dua pelajar tenggelam saat di Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (17/11)

CIBATU – Dua pelajar ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa di Sungai Cimanuk, tepatnya di Kampung Panjang Desa Kertajaya Kecamatan Cibatu Minggu (17/11). Pelajar yang diketahui bernama Andika (14) siswa kelas VIII SMPN Cibatu dan Habibi (12) siswa kelas VI SDN 3 Kertajaya itu sebelumnya terseret arus dan tenggelam di sungai tersebut.

Kapolsek Cibatu AKP Dudi Tisna Irawan mengatakan berdasarkan keterangan saksi, dua korban saat itu sedang bermain bersama tiga temannya di sungai. Tak lama, tiga pelajar berteriak minta tolong. Mereka minta tolong karena dua temannya hanyut terbawa arus air Sungai Cimanuk.

Mendengar teriakan, saksi yang kala itu sedang mancing berusaha menolong korban yang tenggelam. Tetapi tidak berhasil. “Saksi berusaha me­nyelamatkan dua korban itu, tetapi arus air deras, sehingga korban tidak tertolong,” katanya.

Melihat kejadian tersebut, kata dia, saksi dan tiga teman korban meminta tolong war­ga dan melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Ang­gota Polsek Cibatu bersama Koramil Cibatu dibantu war­ga pun melakukan pencarian di sekitar Sungai Cimanuk.

Setelah melakukan proses pencarian kurang lebih satu jam, salah seorang korban bernama Andika akhirnya ditemukan. Andika ditemukan dalam kondisi meninggal du­nia beberapa meter dari titik tenggelam. “Habibi sendiri akhirnya kita temukan sore harinya. Kita langsung eva­kuasi dan kita bawa ke Pus­kesmas lalu dibawa ke rumah duka,” ujarnya.

Dia menerangkan dua kor­ban yang tenggelam diduga tidak memiliki kemampuan berenang. Hal tersebut ke­mudian yang menjadikan keduanya menjadi korban.

Dudi mengimbau seluruh warga tetap waspada saat melakukan aktivitas di sekitar sungai. Anak-anak yang tidak bisa berenang, ia pun mengim­bau agar saat melakukan ak­tivitas didampingi orang de­wasa yang bisa berenang.

Badan SAR Nasional (Basar­nas) Kantor SAR Bandung menurunkan satu tim ke Garut untuk ikut melakukan proses pencarian di sekitar Sungai Cimanuk. “Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima laporan dari ma­syarakat dan memberangkat­kan satu tim rescue ke lokasi kejadian,” kata Kepala Basar­nas Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top