Disebut Kandidat Presiden

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat

JAKARTA – Nama Gubernur Jawa Barat (Jabar) M. Ridwan Kamil atau Emil dalam beberapa waktu terakhir disebut-sebut masuk dalam kandidat calon presiden versi Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Emil enggan membahas panjang lebar terkait soal dirinya yang masuk kandidat Capres 2024 versi partai besutan Surya Paloh tersebut. Dia menilai hal tersebut tidak jelas dan tidak pasti.

“Saya pikir itu (soal Capres 2024) terlalu jauh ya, saya kira. Saya tidak mau bahas itu, yang tidak jelas, tidak pasti. Kita mah fokus yang ada dulu, kita bahas Jawa Barat, kita bahas pembangunan hari ini,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir Antara di Bandung, Senin (11/11).

Meski begitu, Emil mengatakan bakal akan menghadiri Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun ke-8 Nasdem sekaligus penutupan Kongres II Partai Nasdem di JIExpo Convention Centre and Theatre, Jakarta Pusat yang berlangsung pada Senin (11/11) malam.

“Itu undangan saja. Semua yang diusung Partai Nasdem diundang. Saya menghormati saja,” kata dia.

Ketika ditanyakan tentang kemungkinan dirinya diusung kembali Partai Nasdem di Pemilu Presiden 2024, Emil mengatakan hal tersebut masih terlalu jauh. Menurutnya, saat ini dirinya hanya ingin menunjukkan kinerja terbaik sebagai Gubernur Jabar selama lima tahun ke depan.

Namun apabila dirinya telah melaksanakan amanat warga Jabar dengan sangat baik sebagai pemimpin, bukan tidak mungkin dirinya akan menerima tawaran menjadi calon presiden selanjutnya.

“Dan itu pertanyaan ditanyakannya pas menjelang-menjelang, jangan sekarang. Terlalu jauh. Kita baru mendukung periode kedua Pak Jokowi. Jabar fokus dukung Jokowi Maruf-Amin, kita sukseskan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Zulfan Lindan memastikan Surya Paloh tidak memiliki minat mencalonkan diri sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Namun, ia mengungkapkan partainya tengah melirik empat gubernur di pulau Jawa sebagai kandidat calon presiden.Sebab, di sisi lain, banyak politikus muda yang berpotensi di dukung Partai Nasdem.

“Nggak mungkin lah, nggak mungkin. Kita sangat mengetahui. Satu, dia (Surya Paloh) tidak bersedia, kemudian kita melihat banyak generasi muda yang akan muncul,” kata Zulfan di Gado-gado Boplo, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/11).

Zulfan lantas mengungkapkan setidaknya ada empat gubernur potensial di Pulau Jawa yang dilirik NasDem untuk maju pada Pilpres 2019. Mereka yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Gubernur-gubernur potensial ini, ada empat gubernur, Jateng, Jatim, Jabar, DKI, inilah yg harus kita usung orang-orang ini,” ujarnya.

Menurut Zulfan, NasDem sendiri nantinya akan memilih calon presiden yang diusungnya melalui mekanisme konvensi Partai NasDem.

Jika satu dari empat gubernur yang berada di pulau Jawa itu memenuhi kriteria, Zulfan memastikan NasDem pun akan mendukungnya di Pilpres 2019.

“Kita bikin konvensi, kita undang. Kalau mereka punya electability, popularitas, semua kapabilitas, kemudian diputuskan oleh kader-kader NasDem lewat DPD, DPW ini, kemudian siapa yang layak, itu yang kita calonkan,” tandasnya.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top