Ribuan Orang Padati Acara Job Fair

BANDUNG– Ribuan orang memadati acara Job Fair Akur tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Aula HBS Jalan Raya Cimareme, Selasa (10/9). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.

Kepala Disnakertrans KBB, Iing Solihin menyebutkan, jika kegiatan ini melibatkan puluhan perusahaan dengan menyediakan ribuan lowongan kerja (loker). “Total ada 6.300 loker. Kebanyakan lokernya untuk ke luar negeri. Sementara untuk loker lokalnya cuma 1.300 saja,” kata Iing, disela-sela pembukaan Job Fair 2019.

Iing menjelaskan, ada 40 perusahaan yang digaetnya untuk bekerjasama dalam Job Fair tersebut. Kata Iing, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Bandung Barat dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran.

Dia berharap, jumlah pengganguran di KBB selama ini bisa diminimalisir sehingga masyarakat KBB terhindar dari kemiskinan. “Mudah-mudahan saja, perusahaan bisa konsisten mengakomodir tenaga kerja dari kita (KBB),” ucapnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meminta para pengusaha yang menjadi penyedia loker dalam Job Fair Akur tahun 2019, dapat mengakomodir tenaga kerja asal daerah setempat. Itupun, jika para pelamar tersebut memenuhi kriteria perusahaan serta syarat-syarat yang dibutuhkan lengkap. “Saya minta perusahaan konsisten dengan apa yang menjadi komitmennya. Akomodir untuk tenaga kerja kita,” ujarnya.

Jika perusahaan tidak memberikan kesempatan bagi para pencari kerja, justru yang jadi beban moral adalah Pemerintah Daerah (Pemda). Oleh karena itu, Bupati minta pihak perusahaan harus konsisten  serta menjaga komitmen demi merealisasikan program Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan (Akur) dalam mengatasi persoalan pengangguran.

Menurutnya, Job Fair tersebut merupakan salah satu media Pemkab dalam menekan angka kemiskinan. Dengan berkurangnya angka pengangguran, maka bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap dan optimis angka pengangguran setiap tahunnya berkurang. Tahun ini menurunya harus lebih besar lagi,” pungkasnya. (drx)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top