Usulkan Calon Tunggal untuk Pimpinan Dewan

BANDUNG-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Bandung salah satu partai pemenang pemilu legislatif 2019 di kota tersebut.

Partai besutan Megawati Soekarno Putri itu berhasil menduduki urutan ketiga berada di bawah PKS dan Gerindra, yang meraih kursi terbanyak DPRD Kota Bandung.

Berdasarkan mekanisme yang berlaku, keberhasilan partai ini berhak menduduki unsur pimpinan DPRD Kota Bandung periode 2019-2014.

Bendahara PDIP Kota Bandung Folmer SM. Silalahi mengungkapkan, PDIP mengusung calon tunggal untuk mengisi unsur pimpinan DPRD Kota Bandung yang mewakili partai tersebut.

Yaitu, Isa Subagdja yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPC Bidang Kehormatan Partai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Bandung.

Kata dia, nama Ketua DPRD Kota Bandung periode 2014 – 2019 tersebut telah diserahkan oleh Sekretaris DPC yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Bandung Rieke Suryaningsih pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

Meski begitu, pihaknya kata Folmer, belum bisa memastikan nama Isa Subagdja yang diajukan sebagai calon tunggal pimpinan DPRD Kota Bandung tersebut disetujui atau tidak oleh DPP.

“Sejauh ini tinggal menunggu SK DPP sebagai bagian dari mekanisme organisasi partai. Kalau saya sih mendukung Pak Isa, seperti yang diusulkan DPC,” kata Folmer, yang juga anggota Komisi C DPRD Kota Bandung periode 2014-2019 ini, saat dikonfirmasi Jabar Ekspsres, di gedung DPRD Kota Bandung.

Kendati demikian, Folmer menegaskan, dirinya siap mengawal amanat DPP untuk mengamankan rekomendasi pimpinan dewan tersebut.

Sementara itu, untuk pemilihan pimpinan DPRD, kata Folmer, biasanya dilakukan setelah menyelesaikan terlebih dulu tata tertib DPRD.

Namun, untuk periode lima tahun ke depan ini, Folmer yang menjadi wakil rakyat untuk yang kedua kalinya mengaku belum tahu jadwal pemilihannya.

“Apakah penetapan pimpinan dewan berbarengan dengan penetapan tatib atau dipisah saya belum tahu,” ujar Folmer.

Hingga saat ini, Folmer mengaku masih belum mendapatkan informasi kapan turunnya rekomendasi pimpinan DPRD Kota Bandung dari DPP PDI Perjuangan.

“Tetapi, apa pun keputusannya harus siap menjalankan amanah dari pimpinan pusat,” pungkasnya. (mg5/yan)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top