Masyarakat Menunggu Kerja Nyata

NGAMPRAH– Sebanyak 49 dari 50 anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat terpilih periode 2019-2024 resmi dilantik di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Senin (26/8). Seorang anggota dewan lainnya tidak hadir lantaran sedang melaksanakan ibadah haji.

Tercatat, ada 21 orang merupakan wajah baru dan 29 orang lainnya merupakan incumbent (wajah lama).”Anggota dewan terpilih harus bisa menjalankan fungsi pengawasan. Stigma negatif DPRD juga harus dihilangkan. Tidak pragmatis, partisipatif, apalogis dan koruptif,” kata Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di hadapan Anggota DPRD terpilih.

Hengki berharap, pasca pelantikan tersebut legislatif dan eksekutif bisa lebih bersinergi tertutama dalam membahas APBD perubahan yang sempat tertunda. “Mudah-mudahan pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai bisa segera diselesaikan,” katanya.

Ketua DPRD KBB Sementara, Bagja Setiawan mengatakan, kini banyak tugas yang harus diselesaikan pasca pelantikan pelantikan, diantaranya melakukan pembentukan fraksi.

“Ini karena ada beberapa fraksi yang suaranya kurang dari 4 dan harus bergabung. Dan ini tugas saya bersama Wakil Ketua untuk membangun komunikasi di lintas fraksi,” ujar Bagja.

Untuk diketahui, partai yang paling banyak menempati kursi DPRD KBB yaitu PKS dengan jumlah 8 kursi.

Berdasarkan data surat keputusan pelantikan, sebanyak 8 anggota DPRD yang dilantik berasal dari PKS, PDIP 7 orang, Partai Gerindra sebanyak 7 orang, Partai Golkar 5 orang, PKB sebanyak 5 orang, Partai Demokrat 5 orang, PAN 4 orang, Nasdem 4 orang, PPP sebanyak 3 orang, dan Perindo 1 orang.

“Satu orang anggota DPRD (dari Partai Demokrat) tidak hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji. Nanti, dia akan dilantik oleh pimpinan dewan definitif,” kata Sekretaris DPRD KBB Rony Rudiana.

Dia mengungkapkan, seusai pelantikan anggota dewan terpilih, agenda selanjutnya, yaitu pembentukan fraksi, perumusan tata tertib DPRD, dan pembentukan pimpinan definitif. Agenda tersebut akan dipimpin oleh ketua sementara DPRD KBB, yakni Bagja Setiawan dari PKS.

“Mulai besok (hari ini), agenda selanjutnya akan berjalan dan difasilitasi oleh pimpinan dewan sementara sampai pembentukan ketua dewan definitif nanti,” ujarnya.

Soal lokasi pelantikan para anggota dewan di hotel berbintang lima, menurut Roni, hal itu sudah berdasarkan pertimbangan jumlah undangan yang hadir. Untuk pelantikan tersebut, pihaknya menyebarkan 750 undangan dengan jatah 5 anggota keluarga dari setiap anggota dewan terpilih.

“Kami tidak memilih hotel mewah atau tidaknya, tapi ini berdasarkan kapasitas hotel yang bisa menampung banyak orang. Dan hotel ini (Mason Pine) jadi pilihan,” katanya seraya enggan menyebutkan total anggaran yang dihabiskan untuk kegiatan pelantikan ini. (drx)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top