Pemadaman Listrik Timbulkan Kemacetan

KERAP MACET: Antrian kendaraan roda dua dan roda empat memadati Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Sabtu (2/4). Kemacetan yang terjadi setiap akhir pekan di ruas jalan tersebut disebabkan tingginya angka wisatawan yang datang ke Bandung. Amri Rachman Dzulfikri/Bandung Ekspres

BANDUNG – Tidak seperti biasanya pemadaman listrik berlangsung lama. Bahkan, berimbas pada matinya Trafic Light di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung mengalami kemacetan parah.

Berdasarkan pantauan listrik padam mulai pukul 12.00 WIB. Pemadaman listrik terjadi secara bersamaan di wilayah Bandung Raya.

’’Dari pukul 11.30 WIB sampai sekarang masih mati. Kita belum ada informasi kapan kembali normal,’’ ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo, Minggu (4/8).

Menurut Bayu, sejumlah ruas jalan di pusat kota seperti Suryasumantri, Pasirkaliki, Cipaganti, Pasteur, Wastukencana, dan Riau terjadi kepadatan.

“Di titik-titik itu terjadi kepadatan karena lampu setopan mati,” katanya.

Untuk mengurai kemacetan, pihaknya telah menerjunkan 200 personel lantas yang disebar di sejumlah setopan, terutama di pusat kota. Kunci utama (kepadatan) itu di Merdeka, Riau, dan Suryasumantri dan 200 personel itu di hampir semua titik,” katanya.

Dia mengimbau, warga atau wisatawan yang sedang berkendara di Kota Bandung agar mengikuti arahan anggota. Sebab, di sejumlah titik, terjadi pengalihan arus untuk mengurai kemacetan.

Kondisi lalu lintas juga terpantau cukup padat. Sejumlah petugas dari Dishub dan Polrestabes Bandung juga nampak sudah berada dilokasi untuk mengatur arus lalu lintas.

Sementara itu, menurut operator Area Traffic Control System Abdullah Putra menuturkan, di Kota Bandung ada sekitar 100 lebih traffic light.

“Sama mati, ada beberapa titik yang nyala, seperti Buah Batu karena ada back up power. Tapi karena sudah dua jam lebih (listrik padam) sudah mulai redup (hampir padam),” ucapnya, saat dihubungi.

Saat ini, lanjut dia, sejumlah petugas dari Dishub dan Polrestabes Bandung sudah berada di lapangan. Mereka membantu mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

“Petugas di lapangan lagi melakukan pengaturan,” kata dia. (ya

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top