Gubernur Bagikan Android untuk Ketua RW

BANDUNG – Para Ketua Rukun Warga (RW) di Jawa Barat saar ini sedang dibagikan Gawai oleh Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat sebagai bentuk dukungan program desa digital.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (BPM-Desa) Dedi Sopandi mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sekitar 53 ribu ponsel pintar untuk pengurus RW dari total 5.312 desa di Jabar. Bahkan, berdasarkan laporan sekitar 10.397 gadget sudah dibeli perangkat desa yang bersumber dari bantuan Pemprov Jabar.

Dedi mengatakan, untuk spekfikasinya Gadget harus berteknologi android dengan kualitas terbaik. Sehingga, ketika handphone itu sudah dibeli maka pihak konsep desa digital akan berjalan.

’’Pemprov Jabar mulai mendistribusikan bantuan anggaran untuk pengadaan smartphone atau ponsel pintar bagi seluruh pengurus Rukun Warga (RW),’’kata Dedi ketika dihubungi, Jumat, (19/7).

Dia menyebutkan p,rogram sapa warga akan dialokasikan sebesar Rp 127 juta per desa. Nilai itu sudah termasuk untuk pembelian gawai, pembangunan infrastruktur, pembinaan aparatur desa.

Untuk rinciannya, dapat digunakan infrastrukturnya, pembinaan aparatur kurang lebih di Rp 15 juta dan sisanya untuk ‘Sapa Warga’ (bantuan berupa gawai).

Dedi mengatakan, setiap gawai yang dipegang pengurus RW akan disematkan aplikasi ‘Sapa Warga’ yang berfungsi sebagai layanan publik, informasi dan pengaduan.

’’ Isi kontennya mengenai layanan publik, perizinan ada juga konten tentang e-Samsat, ada juga tentang berita info lelang dan sebagainya. Yang isi konten di ‘Sapa Warga’ itu berada dalam ranah Diskominfo,” ujarnya.

Dedi mengatakan, program ‘Sapa Warga’ ini akan diluncurkan bulan depan. Namun, sebelumnya Diskominfo Jabar akan terlebih dahulu memberikan pembekalan mengenai penggunaan aplikasi ‘Sapa Warga’ agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Gubernur nanti launching ya (bulan depan). Nanti akan ada pembekalan juga dari Diskominfo kepada RW-RW, kan begitu. Nah isi konten dan sosialisasi, termasuk rencana pembekalan itu, ada di Diskominfo,” ucap Dedi. (yan).

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top