Golkar Tolak Pansus Pemilu: Belum Ada Urgensinya

Foto : kompas

Muncul wacana pembentukan Pansus Pemilu di DPR untuk menginvestigasi segala masalah dalam Pemilu Serentak 2019. Namun, wacana ini ditolak oleh Fraksi Partai Golkar.

“Memang usulan pansus bagian dari hak anggota dewan tapi kalau dari Fraksi Golkar belum ada urgensinya,” jelas anggota Fraksi Golkar, Firman Subagyo, kepada kumparan, Kamis (9/5).

Anggota Komisi II DPR itu mengatakan, proses pemilu saat ini masih dalam tahap penghitungan yang dilakukan KPU, sehingga tak ada urgensi yang mendasari pembentukan Pansus Pemilu.

“Pansus pemilu itu belum diperlukan karena sekarang masih dalam proses penghitungan yang dilakukan KPU secara manual. Semua itu nanti keputusan akhir kan dari pleno KPU yang didasarkan dari penghitungan manual,” ungkap Firman.

Menurut Firman, seharusnya semua pihak saat ini fokus mengawal proses rekapitulasi dan menunggu hasil resmi KPU pada 22 Mei mendatang daripada membentuk Pansus Pemilu.

“Yang seharusnya menjadi fokus semuanya kan proses pelaksanaan rekap supaya tidak semakin gaduh, nanti kalau ada anggapan tidak memuaskan kan bisa digugat ke MK,” terangnya.

Terkait kasus ratusan petugas KPPS yang meninggal, Firman menyebut Komisi II berencana mengunjungi keluarga korban. Nantinya, dalam kesempatan itu, Komisi II akan mendengar kronologi kematian para petugas KPPS.

“Komisi 2 sudah rapat kami akan melakukan kunjungan ke daerah untuk mendengarkan, mengunjungi keluarga petugas KPPS yang meninggal dunia,” petugasnya.

Wacana pembentukan Pansus Pemilu awalnya digulirkan oleh Fraksi PKS dalam sidang paripurna DPR ke-16 pada Rabu (8/5) kemarin. Pansus itu dibentuk untuk mengevaluasi kinerja KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2019 atas berbagai masalah mulai dari kecurangan pemilu hingga banyaknya petugas KPPS meninggal.

Namun, di tengah sidang, anggota DPR dari NasDem melakukan interupsi karena tak sependapat dengan usulan tersebut. Meski demikian, Fraksi Partai Gerindra mendukung pembentukan pansus ini.

Saat ini, Gerindra berusaha menggalang tandatangan dari fraksi-fraksi lain yang sepaham, sehingga tak lama lagi hak angket Pansus Pemilu bisa selesai.

“Iya kita kan sudah tanda tangan. Ini lagi ngumpulin tanda tangan. Enggak lama lagi selesai,” tutur kata anggota Fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria, Kamis (9/5).

Sumber : Kumparan

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top