Kemenhub: LRT Jakarta Siap Dioperasikan

Foto : Liputan 6

JAKARTA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah selesai melakukan pengujian terkait kesiapan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta. Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Edy Nursalam mengatakan LRT Jakarta siap dioperasikan.

Edy menjelaskan pengujian yang dilakukan sebelumnya untuk memastikan kelaikan jaminan persyaratan teknis dan operasional. “Pengujian ini baik itu prasarananya maupun sarananya,” kata Edy, Selasa (26/2).

Proses pengujian tersebut, kata dia, juga dilakukan untuk memastikan prasarana maupun sarana LRT Jakarta yang laik dan tersertifikasi dapat memenuhi unsur keselamatan. Dengan begitu LRT Jakarta memiliki keamanan ketika dioperasikan nanti. Edy mengatakan dalam proses pengujian yang dilaksanakan Ditjen Perkeretaapian terdapat beberapa rekomendasi yang harus ditindaklanjuti oleh PT LRT Jakarta dan PT. Jakarta Propertindo (Jakpro).

“Rekomendasi ini terkait penyelesaian depo maupun persinyalan merupakan salah satu rekomendasi yang saat ini masih harus ditindaklanjuti sehingga LRT Jakarta siap beroperasi,” jelas Edy.

Saat ini, pembangunan depo LRT Jakarta dilakukan secara bertahap. “Depo yang diselesaikan terlebih dahulu yaitu depo yang digunakan untuk langsir dan perawatan sarana LRT Jakarta. Dikarenakan lintas layanan yang sudah terbangun adalah Koridor 1. Begitu pun dengan persinyalan, persinyalan yang dibangun pun dilaksanakan secara bertahap,” ujar Edy.

Dia berharap dengan dibangunnya LRT Jakarta secara bertahap dapat mempercepat penyelesaian serta pengoperasian LRT Jakarta. Dengan begitu, Edy menilai LRT Jakarta juga dapat mendorong masyarakat untuk berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi menuju penggunaan angkutan umum massal.

LRT Jakarta sepanjang kurang lebih 5,7 kilometer tersebut akan melayani masyarakat dengan layanan yang melewati lima stasiun. Kelima stasiun tersebut yaitu Velodrome, Pacuan Kuda, Pulo Mas, Kelapa Gading Boulevard, dan Kelapa Gading. Selain pembangunan jalur di beberapa stasiun, juga turut dibangun Depo sarana LRT Jakarta di wilayah Kelapa Gading.

Sumber : Republika

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top