UN Tingkat SMA/SMK Sederajat dilaksanakan 25 Maret – 8 April 2019

Foto : Merdekacom

Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK sederajat akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret sampai 8 April 2019. Jadwal UN untuk SMK sendiri akan diselenggarakan pada 25 hingga 28 Maret. Kemudian untuk tingkat SMA pada 1 hingga 2 April, 4 April dan 8 April.

Untuk persiapan di sejumlah daerah sendiri sudah melebihi 50 persen. Seperti di Provinsi Kalimantan Selatan yang terus melakukan persiapan sarana dan prasarananya. Dengan sisa waktu yang makin dekat ini, Kepala Bidang Bina SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun, mengatakan persiapan komputer, jaringan internet, dan materi soal ujian sudah mencapai 90 persen.

Ia menyebut siswa SMA dan sederajat yang akan mengikuti UN sekitar 30 ribu di 187 sekolah yang tersebar di 13 kabupaten dan kota.
“Target kita 100 persen sekolah melaksanakan UN berbasis komputer tahun ini,” kata Muhammadun, dilansir Antara.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan Ujian Nasional (UN) dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur kreativitas, dan bukan lagi sekadar mengevaluasi kemampuan menghapal siswa.

“UN yang sekarang bukan untuk sulit, tetapi pendekatannya berubah, strategi pembelajarannya juga berubah maka otomatis strategi evaluasinya juga berubah yakni lebih menggali atau mengukur kemampuan siswa,” ujar dia.

 

Sumber : Antara

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top