Begini Tampilan Wizphone HP OS Google yang dibandrol Rp. 99 Ribu

Foto : Gadget Tren

Infoanyar.com – Dipenghujung tahun 2018, Google menyatakan dukungan pada perangkat ponsel murah Wiz Phone yang sudah terintegrasi dengan fitur perintah suara bahasa Indonesia Google Assistant. Wiz Phone merupakan ponsel murah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Google Assistant. Google bekerja sama dengan Alfamart dan PT Wiz Indonesia Nirwana, pembuat Wiz Phone di Indonesia dalam memasarkan Wiz Phone di Indonesia.

Konsep Wiz Phone adalah ponsel fitur yang sudah menggunakan sistem operasi, namun punya fungsi yang terbatas dibanding smartphone. Sistem operasinya adalah KaiOS, yang memiliki aplikasi standar untuk menunjang komunikasi. Wiz Phone memiliki spesifikasi prosesor Qualcomm MSM 8905 dengan dukungan RAM 512 MB dan memori internal 4 GB. Adapula kamera belakang berukuran 2 MP dan kamera selfie VGA. Untuk kapasitas baterainya berukuran 1800 mAh dan diklaim mampu stand by selama 350 jam.

Menurut Vice President of Engineering Google Assistant, Scott Huffman dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (04/12), “Feature phone saat ini masih relevan di Indonesia. Penggunanya masih banyak. Hal itu bisa mengenalkan lebih baik dengan Google Assistant. Nantinya mereka akan terbiasa menggunakan Google Assistant di smarphone Android jika meng-upgrade perangkat mereka”.

Tidak ada perbedaan umum antara kegunaan Google Assistant di smarphone dengan yang ada di WizPhone. Ia masih menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Perbedaan hanya penggunaan aplikasi yang tersedia di masing-masing perangkat. Untuk menggunakan Google Assistant di Wiz Phone cukup mudah. Ponsel ini menyediakan tombol khusus di tengah yang jika ditekan akan langsung membuka aplikasi Google Assistant. Pengguna perlu menyampaikan perintah suara untuk menjalankan aplikasi, dan sudah bisa mendeteksi bahasa Indonesia. Wiz Phone akan dijual melalui toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia dengan harga Rp 99 ribu, tapi sampai sekarang belum diketahui waktu ketersediaan penjualan Wiz Phone di Indonesia.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top