250 Pelajar ikuti Musabaqoh

250 Pelajar ikuti Musabaqoh

CIMAHI– sebanyak 250 siswa dari 68 SMP-SMA se-Jawa Ba­rat dan 21 SD-TPA se-Bandung Raya mengikuti Musabaqoh antar pelajar memperebutkan piala bergilir Gubernur Jawa Barat. Kegiatan yang dilaks­anakan pada Minggu (25/11) di STKIP Pasundan Cimahi, Jalan Permana itu memper­lombakan delapan kategori yakni kaligrafi, adzan, pidato, seni musik islam (nasyid), Mu­sabaqoh Tilawatul Qur’an (MTQ), menggambar dan me­warnai serta ranking satu.

Ketua Penyelenggara, Gita Hardianti didampingi Ketua BEM STKIP Pasundan, Mu­hammad Abdul Wahid men­gatakan, kegiatan yang dii­nisiasi oleh Forum Silatura­him Mahasiswa Muslim dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Pasundan Ci­mahi ini, diharapkan akan menjadi momentum untuk membangkitkan kecintaan terhadap ajaran Islam, khu­susnya dikalangan pelajar.

”Kita harapkan melalui ke­giatan ini, anak-anak atau pe­lajar bisa lebih mengembang­kan kecintaan lagi terhadap Alquran dan ajaran Islam lain­nya,” katanya, disela-sela ke­giatan, kemarin. (25/11).

Menurut Gita, pelaksanaan acara juga sekaligus untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dan se­suai dengan tema yakni ’Be a Part of Ukhuwah Islamiah Generation atau Menjadi Bagian dari Generasi Ukhu­wah Islamiah’, pihaknya juga ingin menyiarkan kembali nilai-nilai keislaman bagi pelajar. Sebab menurutnya, saat ini minat pelajar khus­usnya tingkat SMP dan SMA terhadap kegiatan yang ber­muatan Islam kurang dimi­nati. Bahkan banyak pelajar yang lebih senang terhadap musik barat dibandingkan seni musik Islam.

”Kita pengen mengebang­kan kembali, membangun generasi yang ukhuwah isla­miah. Untuk itu kita bangkit­kan lagi acara seperti ini, setelah terakhir diadakan tahun 2014 lalu,” ujarnya.

Meelalui rangkaian lomba ini, lanjut Gita, pihaknya ing­in mengajak agar semua umat Islam, khususnya pelajar untuk bersama-sama mengembang­kan kebaikan. ”Intinya, kita mengajak untuk Berlomba-lomba lomba dalam kebaikan, kita menjunjung tinggi ukwu­ah islamiah,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan SDM STKIP Pasundan Cimahi, Khaerul Sobar, mengatakan, kegiatan tersebut untuk me­motivasi mahasiswa terutama BEM kampus dalam berorga­nisasi agar bisa mengkoordi­nir kegiatan yang positif.

”Ini salah satu bagian dari pendidikan karakter juga untuk menjadikan anak-anak yang lebih baik dimasa depan,” katanya.

Kegiatan ini juga, kata dia, sebagai ajang silaturahmi dan penghubung antara Tri Darma perguruan tinggi STKIP Pa­sundan dan Paguyuban Pa­sundan, Civitas akademis dengan masyarakat. Untuk itu lah pihaknya sangat mendu­kung kegiatan tersebut dengan memberikan pengarahan un­tuk mengadakannya karena bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

”Lebih jauhnya kegiatan ini sebagai kepedulian Paguyuban Pasundan terhadap masa depan anak bangsa,” pung­kasnya. (ziz/yan)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top