Geliat “Silaturahim” Capres – Cawapres ke Pesantren

Foto : BBC

JAKARTA – Sejak dimulainya masa kampanye Pilpres 2019 pada 23 September 2018 lalu, para capres-cawapres sudah bergerak melakukan aktivitasnya. Salah satunya adalah mengunjungi pondok pesantren. Misalnya, KH Ma’ruf Amin selaku cawapres nomor urut 01, sudah mengunjungi Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Ahad (30/9). Sebagai ulama, Kiai Ma’ruf memiliki kedekatan dengan pesantren di Indonesia. Karena itu tak heran jika Kiai Ma’ruf rajin melakukan silaturahim ke kiai-kiai pesantren pada masa pencalonannya kali ini.

Namun, dia menegaskan bahwa dalam kunjungannya ke pesantren itu bukan untuk melakukan kampanye politik, tapi hanya untuk bersilaturrahim dengan kiai-kiai pesantren. “Saya nggak pernah kampanye, saya untuk silaturahim,” ujar Kiai Ma’ruf saat ditemui usai menutup acara Rapimnas IPPNU di Hotel Bintang, Senen, Jakarta Pusat, Ahad (7/10).Kiai Ma’ruf menyatakan bahwa dirinya tidak bisa lepas dari dunia pesantren. Karena itu, ke depannya Kiai Ma’ruf masih akan terus mengunjungi banyak pesantren lagi di Indonesia. “Oh iya (akan terus menjungi pesantren), itu kan dunia saya,” katanya.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto telah menghadiri kegiatan di Pesantren Alquran KH Abdullah Syafiie As Syafiiyah Pulo Air Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Ahad (7/10). Prabowo datang ke pesantren tersebut untuk menghadiri tabligh akbar menyambut tahun baru 1440 hijriyah, tasyakur Pesantren Alquran ke 28 haul almarhum KH Abdullah As Syafie ke 33 dan haul akbar bersama keluarga jamaah. Prabowo langsung disambut pimpinan Pesantren Alquran KH Abdullah Syafie As Syafiiyah Pulo Air Kabupaten Sukabumi KH Abdul Rasyid Abdullah Syafiie dan tokoh ulama lainnya. Dalam kegiatan tersebut Prabowo memberikan sambutan.

Mengenai hal ini, Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan mengatakan, kedatangan Prabowo bukan kegiatan kampanye melainkan sebatas silaturahim. ”Agendanya sudah lama dijadwalkan dan kunjungan bersifat pribadi,” kata dia.Menurut Heri, pimpinan pesantren tersebut merupakan teman dari Prabowo. Sehingga tidak ada kegiaran kampanye di dalam acara tersebut. Heri menuturkan, hingga kini belum ada agenda politik Prabowo di Sukabumi. Namun ke depan bisa saja ada agenda kunjungan politik ke Sukabumi.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top