Polisi Kirim Pasukan Tambahan untuk Cegah Penjarahan di Palu

Foto : Merdeka

JAKARTA – Pasca gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) Jumat (28/9), terjadi aksi penjarahan kesejumlah supermarket yang ada disana, Menanggapi situasi dan kondisi demikian Polisi pun segera mengirimkan tambahan pasukan untuk pengamanan sekaligus pengawalan pasokan bantuan. “Pasukan Brimob Kelapa dua sejumlah 1 SSK sudah tiba di Palu kemarin (1/10),” ujar Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dikutip dari Republika.co.id pada Selasa (2/10).

Tambahan pasukan, jelasnya, sengaja dilakukan pascaaksi penjarahan di sejumlah pusat perbelanjaan hingga toko elektronik. Bahkan mobil pengangkut bantuan bahan makanan dan obat-obatan pun dijarah sebelum sampai di lokasi pengungsian korban gempa dan tsunami. Menyusul peristiwa tersebut, menurut Dedi, aparat kepolisian dikerahkan untuk pengamanan dan juga pengawalan. Beberapa di antaranya yang saat ini telah dilakukan pengawalan yakni pengawalan truk sembako dan pengisian SPBU. “Kami sudah laksanakan pengawalan empat truk tangki BBM dan empat Truk sembako dari Sulbar ke Palu,” ujar Dedi.

Pengawalan juga dilakukan aparat untuk pengisian empat SPBU di wilayah Palu. Serta pengamanan pendistribusian BBM juga dilakukan guna menghindari terulangnya aksi-aksi penjarahan yang dilakukan masyarakat. “Kami juga mengamankan depo Pertamina di Donggala,” terangnya Sedangkan mengenai aksi-aksi penjarahan yang terlanjur terjadi saat ini polisi terus melakukan pencarian. Beberapa, telah diamankan dan telah ditetapkan menjadi tersangka. “Sudan dilakukan langkah-langkah hukum secara tegas dan terukur bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran Hukum,” ujarnya. Meskipun dalam kondisi memilukan pascagempa dan kurangnya pasokan bantuan tambah Dedi, namun penjarahan tetap tidak dapat dibenarkan. Apalagi memanfaatkan kondisi saat ini dengan melakukan penjarahan ke perangkat elektronik seperti laptop maupun telepon.

Sumber : Republika

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top