Kiai Afif beri Dukungan untuk Kiai Ma’ruf Amin Lewat Puisi

Foto : Tempo

Ulama ahli fikih di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo, KH Afifuddin Muhajir, memberikan dukungan kepada calon wakil presiden no urut 01 KH Ma’ruf Amin pada gelaran Pilpres 2019 mendatang. Dukungan Kiai Afif ini cukup unik karena dituangkan dalam puisi yang ditulis dengan bahasa Arab.

Dalam puisinya, kiai sepuh ini menyampaikan bahwa Kiai Ma’ruf sebagai cawapres yang digandeng Jokowi telah mengorbankan sesuatu yang sangat mahal demi kemaslahatan dunia dan agama. Karena itu, dia mengajak kepada umat Islam, khususnya kaum nahdiliyin untuk memilih pemimpin yang bisa dipercaya seperti Kiai Ma’ruf.

‘Wahai kawan, jagalah aqidah Aswaja. Itu menjadi kewajiban kaum nahdhiyin laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, pilihlah calon yang bisa dipercaya. Itu adanya pada Syekh Ma’ruf Amin,” ujar Kiai Afif dalam puisi berbahasa Arab yang diunggah ke media sosial.

Puisi bahasa Arab yang dibuat Kiai Afif ini juga diunggah Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Cholil Nafis di akun instagramnya. Puisi yang diunggah itu juga disertai terjemahan bahasa Indonesia.

Kiai Cholil lalu turut mengomentari puisi tersebut. “Saat terlibat dukung-mendukung di aras politik elektoral, orang yang berilmu mengekspresikan dukungan dengan membuat puisi, sedangkan yang tidak beilmu menunjukkan dukungan dengan menyebar fitnah dan menyemburkan caci-maki,” tulis Kiai Cholil.

Berikut terjemahan puisi bahasa Arab KH Afifuddin Muhajir :

Segala puji bagi Allah yang telah mewajibkan tampilnya pemimpin yang adil dan terbuka.

Rahmat Allah semoga tercurahkan kepada Nabi Ahmad, penunjuk jalan kebenaran dan terpercaya dengan misi kerasulan ke seluruh alam.

Sebaik baik harapan kami adalah tampilnya pemimpin yang kuat. (Dalam hal itu) gantungan harapan kami ada pada sosok Jokowi.

Kiai Ma’ruf sebagai cawapres Jokowi telah mengorbankan sesuatu yang sangat mahal demi untuk bisa mengatur urusan dunia dan menjaga agama, yakni demi kemaslahatan dunia dan agama.

Keduanya (kemaslahatan dunia dan agama) merupakan syarat memperoleh kebahagiaan, di mana dunia kita ini merupakan ladang tempat menanam (bekal) untuk akhirat.

Wahai kawan, jagalah aqidah Aswaja. Itu menjadi kewajiban kaum nahdhiyin laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, pilihlah calon yang bisa dipercaya. Itu adanya pada syekh Ma’ruf Amin

 

 

Sumber : Republika

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top