Ini Tanggapan Jokowi Perihal Bantuan Asing

Foto : Tribunnews

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan banyak negara yang menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Menurut Jokowi, tawaran bantuan ini disampaikan langsung oleh sejumlah Kepala Negara kepada dirinya. Di antaranya yakni dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saudi, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, serta PM Australia Scott Morrison yang menawarkan bantuan untuk para korban. “Kawan-kawan kita dari negara lain banyak dan mereka menyampaikan apa yang dibutuhkan, mereka akan kirim. Kemarin misalnya Sri Baginda Raja Salman juga telepon saya langsung, Presiden Erdogan Turki juga telepon saya langsung, kemudian juga PM Australia juga WA (Whatsapp) saya langsung,” kata Jokowi di halaman tengah Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/10).

Jokowi mengatakan, tawaran bantuan dari negara lain ini menunjukan kepedulian mereka untuk membantu para korban gempa. Presiden pun mengaku telah memerintahkan Menko Polhukam Wiranto untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh para korban. “Mereka menanyakan apa yang diperlukan, hari ini sudah saya perintahkan kepada menko untuk diidentifikasi hal-hal yang dibutuhkan segera ini apa, baru kita sampaikan ke negara-negara lain untuk membantu,” ujarnya. Melalui akun Instagram-nya pagi ini, Jokowi juga sempat menyampaikan banyaknya bantuan yang diberikan oleh negara lain kepada para korban bencana. Tawaran bantuan serta ungkapan belasungkawa tersebut menunjukan Indonesia tak sendiri dalam menghadapi bencana yang terjadi.

“Ungkapan belasungkawa dan tawaran bantuan dari para sahabat itu sungguh membesarkan hati kita, juga memberi pesan kuat bahwa kita tidak sendirian menghadapi masa-masa sulit ini. Terimakasih,” kata Jokowi di akunnya.Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut terdapat 18 negara sahabat yang menawarkan bantuan penanganan gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Ke-18 negara tersebut yakni Amerika Serikat, Prancis, Ceko, Swiss, Norwegia, Hongaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korsel, Arab Saudi, Qatar, New Zealand, Singapura, Thailand, Jepang, India, dan Cina. Menurut Wiranto, banyaknya tawaran bantuan dari negara lain tak terlepas dari aktifnya Indonesia yang sering kali memberikan bantuan untuk negara lain. Seperti bantuan Indonesia untuk bencana Bangladesh, gempa di Nepal, dan juga bantuan untuk Somalia, dan lain-lain.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top