Mengenal lebih dalam HAMAS

Banyak orang yang masih belum tahu, namun sering kali mendengar atau membaca. Ini mengenai Hamas. Nama yang sering kali dijadikan bahan perbincangan baik di timur maupun barat. Pada edisi ensiklopedia pekan ini, Palestine Update akan sedikit membahas mengenai Hamas.

Hamas adalah gerakan nasional Palestina yang bekerja dengan warga Palestina lainnya serta seluruh fraksi Islam dan nasional, juga seluruh manusia berhati nurani di seluruh dunia, dalam melawan pendudukan Israel, membebaskan tanah Palestina, Yerusalem, situs-situs suci Islam dan Kristen, melindungi hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah air mereka, dan mendirikan negara Palestina yang berdaulat.

Hamas terlibat dalam melayani warga Palestina di mana pun mereka berada dan di setiap aspek, sehingga mereka tetap teguh dalam upaya melawan pendudukan. Hamas mencoba meringankan penderitaan warga Palestina di segala cara yang memungkinkan dan efektif, dengan tujuan akhir yakni mengakhiri pendudukan panjang di negeri Palestina yang bersejarah.

Hamas adalah gerakan pembebasan nasional dengan pemikiran Islam moderat yang membatasi perjuangannya dan bekerja di Palestina, juga tidak ikut campur dalam urusan orang lain. Gerakan ini membatasi perjuangannya terhadap pendudukan Israel saja, dan tidak melawan kelompok apa pun di dunia. Hamas tidak melawan kecuali yang menyerang warga Palestina dan yang menduduki tanah kamu. Bagi Hamas, perlawanan merupakan sesuatu yang berati, bukan sebuah tujuan.

“Hamas tidak memerangi dan melawan Israel karena mereka Yahudi, melainkan karena mereka merupakan pemukim. Hamas tidak memiliki masalah dengan siapapun karena agama, ras, sekte, atau ide mereka; pertentangan utamanya, bagaimanapun, adalah dengan para pemukim dan penyerang,” tulis Hamas dalam laman resminya.

Bagi kelompok ini, seluruh jenis perlawanan yang sah dilakukan untuk mengakhiri penindasan dan ketidakadilan yang dilakukan Israel, dan kemudian merupakan hak Hamas untuk melawan dengan segala cara, termasuk perlawanan bersenjata, yang dijamin oleh Ilahi dan hukum internasional. (kimikim/palestineupdate)

 

 

Sumber : Palestine update

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top