TNI Mulai Gelar Pawai Bendera dari Sabang ke Merauke

Foto - Kumparan

Dalam rangka hari jadinya yang ke-73, TNI menggelar berbagai kegiatan salah satunya pawai bendera atau flag relay. Pawai bendera ini akan menjelajah Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Pawai Bendera akan dimulai hari ini, Jumat (28/9), dengan diawali upacara pembukaan. Titik awal pawai bendera ialah Tugu Kilometer Nol Pulau Sabang, Aceh, dan akan berakhir di Merauke, Papua pada Kamis (4/10).
Sebelum acara pembukaan pawai bendera itu, TNI juga menggelar zikir bersama 44 ulama yang dipimpin oleh Ketua Majelis Permusyarawatan Ulama Sabang, Teungku H. Anhaq, di Tugu Nol Kilometer, Sabang, Kamis (27/9) malam. Hadir juga Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arif Indratmoko dan Wali Kota Sabang, Nazaruddin.

Rencananya, pawai bendera akan singgah di beberapa kota besar Indonesia, lalu diarak keliling kota dan diterima oleh kepala daerah setempat.
Sejumlah kota yang akan disinggahi seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Solo, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, Kupang, Ambon, Sorong, dan berakhir di Merauke.Dari keterangan tertulis Pusat Penerangan TNI, pawai bendera ini akan dilaksanakan secara estafet dengan melibatkan personil dari TNI-Polri dan elemen masyarakat.  “TNI bersama elemen masyarakat melakukan flag relay merah putih ke beberapa wilayah Indonesia untuk membangkitkan nasionalisme, membangun dan mempertahankan keutuhan NKRI sebagai bangsa yang besar,” tulis Puspen TNI dalam keterangannya.

Sementara pembawa bendera Merah Putih dari Pulau Sabang hingga Merauke adalah prajurit TNI dari tiga matra yakni TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara, termasuk prajurit TNI yang meraih medali dalam Asian Games 2018. Adapun atlet peraih medali di Asian Games 2018 itu di antaranya Pratu Mar Jefri Ardianto, atlet Rowing LM B 8 peraih medali emas, Serda (K) Huswatun Hasanah, atlet tinju kelas ringan 60 Kg putri peraih medali perak dan perunggu, dan Serda (K) Dini Mitasari, atlet Sepak Takraw peraih medali perunggu.

Lalu, Serda Jas Rio Akbar, atlet dragon boat 1.000 meter dan 500 meter peraih medali perunggu dan Serda Bah Ririn Pujiastuti, atlet dragon boat 200 meter peraih medali perak. Bendera Merah Putih yang telah jelajah Indonesia itu akan dikibarkan pada saat puncak peringatan HUT TNI ke-73, yang akan dipusatkan di Merauke, Papua.  Direncanakan, Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan para kepala staf angkatan. Selain acara itu, dalam memperingati HUT-nya, TNI juga telah mengadakan kegiatan bakti sosial, pameran alat sistem utama pertahanan (Alutsista), ziarah ke malam pahlawan dan direncanakan acara lainnya.

 

Sumber : Kumparan

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top