Kiai Ma’ruf Silaturahim ke Kiai Jember

Foto : Antara

JEMBER – Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin meminta doa restu kepada sejumlah ulama dengan mengunjungi beberapa pondok pesantren di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (27/9).  Kiai Ma’ruf mengatakan silaturahim tersebut karena ia diminta menjadi pendamping Jokowi sebagai cawapres. Kemarin, Kiai Ma’ruf menyambangi Pesantren As-Shidiq Putra di Talangsari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Kiai Maruf mengatakan kunjungan ke Pesantren As-Shiddiq Putra untuk pamit dan meminta doa restu keluarga besar KH Achmad Siddiq.

KH Achmad Siddiq merupakan rois Aam PBNU pada era 1980-an saat KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjadi Ketua Tanfidz PBNU. “Saat KH Achmad Shiddiq menjadi Rois Aam, saya Khatib Aam dan saya dulu sering ke Pesantren As-Shiddiq di Jember untuk membicarakan tentang NU,” Ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kiai Maruf menilai warga NU kompak dalam mendukung pasangan capres dan cawapres Jokowi dan dirinya dalam Pilpres 2019. Dukungan diberikan oleh warga NU di tingkat struktural dan kultural. “Alhamdulillah kami mendapat dukungan dari keluarga Gus Dur yang dideklarasikan oleh Yenny Wahid, sehingga warga NU kompak seluruhnya dan semua simpul NU mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1,” Ujar Kiai Maruf.

Kiai Ma’ruf melanjutkan tidak ada perbedaan antara NU struktural dan kultural dalam aspirasi politik karena pihaknya sudah bertemu sejumlah kiai untuk mendapatkan restu dan dukungan dalam Pilpres 2019. “Semua sudah utuh, jangan ditanya berapa target suara yang diraih karena keinginan kami besar dan paling penting kami bisa memenangkan suara mayoritas dari NU,” ucap mustasyar PBNU itu.

Setelah mengunjungi Pesantren As-Shiddiq Putra, Ma’ruf Amin bersama rombongan melanjutkan safari politiknya ke Pesantren Nurul Islam. Pesantren ini diasuh oleh Ketua Suriah PCNU Jember Muhyidin Abdussomad di Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari. Sejumlah pondok pesantren di Jember yang dikunjungi cawapres yang berpasangan dengan Jokowi itu yakni Pesantren As-Shidiqiyah Putra di Kecamatan Kaliwates, Pesantren Nurul Islam di Kecamatan Sumbersari, Pesantren Al-Qodiri di Kecamatan Patrang, dan Pesantren Assuniyah di Kecamatan Kencong.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top