Kadin Siap Bantu Pemerintah Jaga Ketahanan Pangan

Foto : Republika

JAKARTA – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani menjelaskan, para pengusaha yang tergabung dalam Kadin siap membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. Beberapa kerja sama telah dilakukan dengan sejumlah kementerian guna memastikan pengadaan dan penyebaran pangan ke masyarakat dilaksanakan secara maksimal.

Rosan mengatakan, sejauh ini, Kadin sudah berkerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan Perum Badan Usaha Logistik (Bulog). Nantinya, Kadin juga berencana menjalin kemitraan dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Kami coba jembatani semuanya supaya ketahanan pangan kondusif,” ujarnya ketika ditemui di Kantor Kadin, Jakarta, Senin (24/9).

Salah satu contoh kerja sama yang dilakukan adalah mengadakan operasi pasar bersama dengan Bulog. Menurut Rosan, Kadin memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia yang dapat membantu Bulog menjangkau daerah-daerah.

Penerapan kerja sama tidak hanya diperuntukkan komoditas beras yang belakangan menajdi fokus utama pemerintah, juga komoditas lain seperti jagung.

Selain itu, Kadin juga mempertimbangkan pengusaha sebagai offtaker untuk memberikan kepastian kepada penggarap atau petani. Skema ini telah diterapkan di sektor kelapa sawit, di mana BUMN dan perusahaan besar diminta menjadi offtaker sekaligus avalis dan memberikan pendampingan.

Menurut Rosan, skema offtaker dalam kelapa sawit terbilang sukses, sehingga patut dipertimbangkan untuk diterapkan di komoditas lain. Dia menyebutkan, skema pengusaha sebagai offtaker atau pembeli yang menyerap komoditas pangan masih sedang dalam tahap pematangan.

Dalam kemitraan ini, pengusaha akan memberikan biaya hidup petani sebelum masa panen. Nantinya, biaya jaminan dari pengusaha tersebut akan dikembalikan dengan skema tertentu ketika masa panen tiba.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top