Rindu Unggul dalam Survei Pasangan Gubernur Jabar

Pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum atau sering disebut pasangan Rindu kembali unggul dalam survei Poltracking Indonesia yang dilakukan pada 18-22 Juni 2018.

Meski unggul dalam survei tersebut, pasangan Rindu masih ditempel cukup ketat oleh pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Sementara itu, dua pasangan lain yakni Sudrajat-Ahmad Syaikhu serta TB Hasanuddin-Anton Charliyan berada jauh di bawah. Poltracking Indonesia menyebut kedua pasangan itu diprediksi sulit memenangi kontestasi.

“Dalam survei ini, para responden ditanya menggunakan simulasi kertas suara. Hasilnya, sebanyak 42 persen responden memilih pasangan Ridwan Kamil-UU. 35,8 persen lainnya memilih Deddy-Dedi,” terang Eksekutif Poltracking Hanta Yudha.

Lebih lanjut Hanta menjelaskan, pasangan no 3 Sudrajat-Syaikhu mendapat 10,7% persen. Sisanya, 5,5 persen responden memilih Hasanuddin-Anton.

“Dari hasil tersebut terlihat bahwa pasangan Ridwan-UU dan Deddy-Dedi masih bersaing ketat dalam memenangkan Pilgub Jabar. Sebab, selisih suara kedua pasangan hanya 6,2 persen,” ujar Hanta.

Menurutnya, kedua pasangan masih sama-sama punya peluang untuk menang.

“Jika tidak ada dinamika politik yang cukup kencang, pasangan Rindu akan lebih unggul dari Duo DM. Meskipun saya katakan bisa saja Duo DM berbalik unggul kalau memang ada dinamika politik yang kuat,” kata Hanta saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Sementara itu, Hanta memprediksi pasangan Sudrajat-Syaikhu dan Hasanuddin-Anton sudah sulit untuk meningkatkan elektabilitasnya. Apalagi, sisa waktu dari hasil survei ini hingga pemungutan suara tinggal 5 hari.

“Dua pasangan lainnya, objektif harus saya katakan sulit menjadi pemenang karena memang sangat kecil peluangnya,” pungkas Hanta.

Untuk diketahui jumlah sampel dalam survei ini sebesar 800 responden yang tersebar secara proporsional di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Toleransi kesalahan (margin of error) 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dibiayai secara mandiri oleh Poltracking.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top