Buah Dari Kerja Keras dan Terus Mencoba

ADA DUA RASA: Seorang model memperagakan makan Chocolajit makanan khas yang berasal dari Cililin yang sudah di kreasikan menjadi lebih trendi sehingga banyak diminati anak muda.

Buah dari kerja keras dilakukan Jajang, ternyata tidak sia-sia. menciptakan kreasi makanan tradisional Wajit menjadi makanan yang banyak digemari kalangan anak muda dilewati dengan proses panjang dan kegagalan yang terus berulang.

WAHYU HIDAYATULLAH, (Job) Kabupaten Bandung Barat


Mendengar kata Wajit pasti akan terlintas dengan suatu daerah di Kabupaten Bandung Barat yaitu Cililin, derah ini sebetulnya banyak memiliki potensi wisata alam yang menakjubkan.

Curug Sawer dan Curug Malela menjadi destinasi wisata alam yang bisa dikembangkan. Sehingga, keberadaan makanan khas Cililin berupa Wajit pantas dijadikan buah tangan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Kecamatan Cililin.

Namun, bila diamati perkembangannya ternyata Wajit mengalami banyak perubahan. Salah satu inovasi dan kreasi makanan Wajit kini dibuat dengan di kombuinasikan dengan coklat dan rasa lainnya. Sehingga, Wajit Cililin kini memiliki variasi rasa dan banyak diminati khususnya dikalangan anak muda.

Wajit ini biasa di sebut Chocolajit, ide pembuatan Chocolajit berawal dari seorang pemuda penjual coklat dimedia online Jajang H Saputra, 28. Agar Wajit banyak diminati Dia memadukan makanan modern dengan makanan tradisional.

Ditemui di kediamannya Jajang menceritakan, berawal ketika dia berangkat bekerja, sering melewati deretan penjual Wajit. Terlintas dalam benaknya berfikir ingin mencoba mengkombinasikan Wajit dengan Coklat.

“Kenapa tidak saya coba saja membuat paduan wajit dan coklat,”guman Jajang.

Dengan bantuan beberapa kerabatnya yang sudah mahir membuat Wajit akhirnya Jajang mencoba membuat Wajit dengan paduan rasa coklat.

Selain itu, dia kembali mencari ide untuk memberi nama yang cocok untuk Wajit hasil kreasinya. Mula-mula dia memberikan nama makanan coklat dan wajit ini cokojit dan cocojit. Namun, karena orang sunda suka mendengar kata yang aneh dan praktis akhirnya muncul usulan Chocolajit.

’’ Ya biar keliatan Ngenaheun kalau bahasa Indonesia nya enak diucapkan,’’ungkap Jajang.

Setelah nama ini menjadi merek produk kreasinya Jajang mendaftarkan nama makanan tersebut untuk menadapat hak paten.

Awal produksi chocolajit dimulai pada 2011 silam. Namun, kala itu belum di produksi secara masal karena masih berupa riset.

Di awal pembuatannya, masih terkendala dari segi rasa yang terlalu Giung (enek, red) karena wajit terlalu banyak mengunakan gula putih.

Pada 2012 pun masih belum menemukan rasa yang pas buat diproduksi masal. Setelah terus mencoba, beberapa Wajit yang ada di Cililin akhirnya ditemukanlah menemukan produk Wajit yang cocok untuk di kombinasikan dengan coklat.

’’ Nah ternyata hasil produsksi Wajit Pusaka cocok dikombinasikan,”ucap Jajang.

Setelah ditemukan rasa yang pas, pasa 2013 Jajang mulai memasarkan hasil produksinya, Namun, masih dalam kemasan tradisional dan diproduksi ketika ada pesanan saja.

Dua tahun berlalu Setelah menikahi anak pemilik Wajit pusaka mulailah, Chocolajit mencoba peruntungan dengan di produksi masald dan merubah kemasan Chocolajit menjadi lebih trendi.

’’Soal rasa, Chocolajit memiliki beberapa varian rasa yaitu Darkchoco dan Whitechoco,’’ujar Jajang.

Dari kedua rasa itu memiliki kelebihan tersendiri contohnya Darckchoco yang memiliki rasa agak pahit namun sehat untuk kesehatan karena tidak menggunakan gula terlalu banyak .
Chocolajit bisa bertahan selama 15 hari, namun jika ingin bisa lebih lama lagi, bisa dimasukan kedalam kulkas.

Bila anda ingin mendapatkan Chocolajit bisa mendatangi Geray dan toko Chocolajit dan dapat di temui di sepanjang jalan Cililin – Cihampelas dan pusat oleh-oleh Bandung.

’’ Alhamdulillah Chocolajit sudah tersebar luas dan beromset puluhan juta rupiah, bahkan kita juga bisa pesan secara online di IG&FB @chocolajit, dengan harga yang terjangkau, untuk satu pcs di bandrol Rp.15.000 saja,’’pungkas Jajang. (yan)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top