Nelayan, Minta Kang Uu Angkat Jangari Jadi Wisata Air

Cianjur – Berkunjung ke Desa Jangari, Kecamatab Mande, Kabuapaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 19 April 2018, nelayan dan petani setempat meminta calon wakil gubernur dari nomor urut 1,
Uu Ruzhanul Ulum menjadikan kawasan Jangari sebagai wisata air. Potensi wisata air dan perikanan sangat menonjol di pesisir Waduk Cirata itu.

Kang Uu berdialog langsung dengan warga dalam suasana kekeluargaan. Sofyan, salah seorang warga mengeluhkan bahwa wilayah jangari hingga saat ini secara potensi kewilayahan bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata di kabupaten cianjur. Namun hingga saat ini promosi Jangari sebagai wisata air di kabupaten cianjur terkesan minim.

“saya berharap jika Kang Uu terpilih nanti bisa mengangkat wisata air jangari menjadi salah satu wilayah tujuan wisata di cianjur khususnya dan Jawa Barat umumnya ” pinta sofyan.

selain wisata air, sofyan yang mewakili kelompok masyarakat petani ikan juga berharap agar Kang Uu memperjuangkan ekonomi mereka dalam hal permodalan.

“untuk sektor perikanan, potensi di perairan sekitar waduk cirata sangat besar, namun pendapatan petani ikan menurun karena terkendala biaya transportasi dalam hal bongkar muat karena tidak mempunyai dermaga” keluh Sofyan.

Menanggapi keluhan warga, Kang Uu berjanji akan mencarikan solusi terbaik untuk warga Jangari. “Saya baru pertama kali datang kemari dan saya sangat terkesan dengan potensi ekonomi dan wisata yang ada di wilayah” ucap kang Uu.

Bupati Tasikmalaya 2 ,periode inu pun memaparkan visi misi Rindu kepada masyarakat petani ikan itu. Dia mengungkapkan bahwa dirinya ak. Contohnya, selama dua periode menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya, dia mampu menyelesaikan masalah yang hampir sama dengan masyarakat Jangari.

“Tasikmalaya memiliki potensi ikan yang besar dari laut Cipatujah, namun nelayan disana terkendala oleh ombak yang besar dan tidak memiliki dermaga. Saya sebagai pemimpin daerah mempunyai kewenangan untuk membangun dermaga untuk menunjang kebutuhan nelayan disana dan saya bangunkan” tukasnya.

Setelah dia membangun dermaga nelayan, lanjut dia, maka ekonomi nelayan Cipatujah terangkat naik dan taraf kehidupan pun ikut terdongkrak naik.

Jjadi jika Allah meridhoi dan masyarakat Jabar khususnya Cianjur menghendaki saya dan Kang Emil terpilih untuk memimpin jawa barat, saya akan perjuangkan keinginan masyarakat Jangari untuk memiliki dermaga wisata dan dermaga bongkar muat, untuk mendongkrak ekonomi disini,” tegasnya.

Selanjutnya, Kang Uu melihat-ligat galangan pembuatan perahu yang berada tidak jauh dari pinggiran Waduk Cirata,. Kang Uu pun menyapa para tukang yang sedang membuat kapal untuk para petani ikan.

Para tukang itupun juga mengeluhkan permasalahan modal usaha pembuatan kapal. Mendengar itu, Kang Uu dengan rendah hati menjawab, “Bapak bapak, Insya Allah, kalau besok kami, pasangan Rindu terpilih, bapak bapak tidak usah takut dengan permodalan untuk usaha kecil dan menengah, karena kita mempunyai program kredit mesjid sejahtera (mesra)” terang Uu.

Kang Uu menjelaskan, kredit Mesra adalah pemberian pinjaman kepada masyarakat, dengan nikai maksimal Rp30 juta. Ini adalah salah satu program unggulan dari pasangan Rindu.

“Jadi masyarakat Jawa Barat nanti tidak usah susah lagi mencari pinjaman ke rentenir, tapi datang ke masjid di sana ada program kredit anpa bunga, tanpa agunan syaratnya hanya persetujuan ketua DKM mesjid dimana bapak bapak tinggal” kata dia.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top