Published On: Fri, Oct 25th, 2013

Waduh, Implan Gigi Wanita Ini Malah Nyangkut di Lubang Hidung

InfoAnyar.com, Jakarta – Seorang wanita di Italia risau karena sinus atau lubang hidungnya meradang, disertai nyeri di wajahnya. Bingung dengan apa yang terjadi padanya, wanita ini pun memutuskan untuk menemui dokter. Usut punya usut ternyata implan gigi wanita ini ‘nyangkut’ di lubang hidungnya. Kok bisa?

implan-gigiImplan gigi tersebut sudah terpasang di dalam mulut wanita berusia 57 tahun ini sejak dua tahun lalu. Lewat sebuah operasi, sejenis skrup logam sepanjang 2 cm (0,79 inci) pun diletakkan di dalam rahang atasnya, untuk menopang dan menggantikan giginya yang hilang.

Namun yang tak pernah diduga ketika diinspeksi oleh dokter, implannya sudah tak berada di dalam mulut wanita ini. Namun gusi yang menutupi bagian gigi yang hilang dan dipasangi implan ini justru memulih, sedangkan deretan gigi lainnya tetap sehat.

Setelah dipindai, barulah ketahuan jika implan ini ‘nyangkut’ di rongga hidung wanita yang tak disebutkan identitasnya tersebut, persis di dekat mata kirinya. Dokter semakin yakin jika gejala nyeri dan radang yang dialami si pasien diakibatkan oleh implan giginya setelah tim dokter melakukan operasi untuk mengambil implan gigi itu dan gejala yang dirasakan wanita ini pun menghilang. Dalam delapan bulan wanita ini pun dilaporkan pulih total.

Menurut peneliti, ada tiga hal yang diduga menyebabkan cedera pada pasien akibat implan yang terlepas ini. Pertama, bisa jadi implan tersebut mencederai sinus si pasien karena posisinya yang tidak tepat; kedua, ini juga dapat dikatakan konsekuensi dari pengikisan jaringan di sekitar implan; dan yang terakhir adalah akibat dari pengeroposan tulang.

“Kami menduga implan ini sudah berada di dalam sinus si wanita setidaknya selama setahun, dan mungkin setelah operasi yang dilakukannya dua tahun lalu,” tandas peneliti Alberto Schreiber dari University of Brescia, Italia seperti dilansir Livescience, Jumat (25/10/2013).

Dalam laporannya yang dipublikasikan New England Journal of Medicine, Schreiber menambahkan kasus implan gigi yang ‘nyangkut’ di hidung ini sebelumnya sudah pernah terjadi. Bahkan pada satu kasus, ia pernah menemukan ada seorang pasien yang implannya ‘nyangkut’ di dasar tengkoraknya.

sumber : detikhealth

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>