Published On: Mon, Nov 28th, 2016

Tim Iklim Siap Dibentuk di Subang

Share This
Tags

Pemkab Subang tengah menyiapkan pembentukan tim iklim, menyusul cuaca ektrem dalam rangka antisipasi resiko kerugian terhadap produksi pertanian, peternakan, perikanan. Hal itu dikatakan Kepala Bappeda Subang, Komir Bastaman saat dihubungi, Minggu 27 November 2016.

Dia mengatakan, tim itu nantinya melibatkan berbagai pihaak terkait. Mereka mengamati, menghimpun data hingga memprediksi peribahan cuaca. Selain itu merumuskan dan menyosialisasikan langkah-langkah yang harus dilakukaan oleh sektor pertanian, perikanan, dan peternakaan. “Jadi saat menjalankan usaha petani, peternak, dan pembudidaya ikan tahu apa yang harus dilakukan, menghadapi perubahan cuaca ekstirim. Sehingga bisa menekan risiko kerugian akibat cuaca,” katanya.

Dikatakannya, iklim mempengaruhi faktor produksi dan bisa juga menjadi faktor pemicu terjadinya bencana alam. Upaya antisipasi dampak negatif iklim harus dipelajari, sehingga masyarakat bisa beradaptasi termasuk petani. “Tim iklim akan mengamati, pempelajari serta memprediksi iklim. Mereka nantintinya mensosialisasikan kepada masyarakat termasuk menangkap peluang terhadap perubahan iklim,” ujarnya.

Dikatakan Komir, pembahasan awal persaipan membentuk tim iklim ini sudah dilaksanakan rapat pada Kamis 24 November 2016 di Ruang Rapat Bappeda Subang. Selain dihadiri dinas teknis terkait, hadir juga nara sumber tim dari IPB, di antaranya Dr. Ferdinan, dan Dr. Rini Hidayati.

Ferdinan dari IPB menjelaskan strategi manajemen pertanian berbasis iklim, dan diperlukan penguatan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim. Sebab iklim yang baik akan menghasilkan produksi pertanian yang baik. “Diperlukan peningkatan pengetahuan dan kapasitas penggunaan, pemanfaatan profil iklim, interpretasi daerah wilayah iklim saat ini, perencanaan strategi adaptasi antisipasi mengatasi bencana terkait iklim,” katannya.

Rini Hidayati mengungkapkan, iklim bersifat dinamis, ada kalanya iklim dapat menguntungkan atau merugikan. Iklim memiliki pengaruh sangat luas, pertanian dalam arti luas, pemenuhan kebutuhan air dan industri serta rumah tangga. Kondisi itu diperlukan kelembagaan andal termasuk dalam menyusun perencanaan pembangunan. “Langkah yang perlu dilakukan, pahami kondisi iklim Kabupaten Subang yang terdiri dari dataran tinggi sampai dataran rendah, musim kemarau sampai penghujan,” ujarnya.***

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>