Published On: Mon, Jan 2nd, 2017

Striker Ajax Ingin Bela Indonesia, Begini Sikap PSSI

Share This
Tags

Keinginan striker Ajax Amsterdam, Ezra Walian untuk membela tim nasional Indonesia disambut positif oleh PSSI. Federasi sepakbola di Tanah Air itu membuka pintu bagi Ezra dan akan membantunya pindah kewarganegaraan.

Ezra punya darah Indonesia dari bapaknya yang asli Manado, Sulawesi Utara (Sulut) bernama Glen Walian. Sementara ibunya, Linda, berasal dari Belanda. Ezra sendiri lahir pada 22 Oktober 1997 di Amsterdam dan kini memegang paspor Belanda.

Namun, pemain berusia 19 tahun tersebut ingin meninggalkan paspor Belanda-nya dan beralih status menjadi Warga Negara Indonesia. Keinginan itu tak lepas dari cita-citanya memperkuat skuat Garuda.

Menurut penuturan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dia telah melakukan pembicaraan personal dengan Ezra tentang rencana kepindahan warga negara. Edy mengaku PSSI sangat terbuka dengan niatan Ezra, namun untuk saat ini dia tak bisa langsung serta merta menjadi WNI begitu saja.

“Kami sedang mempelajarinya (pindah kewarganegaraan itu),” ujar Edy saat dihubungi wartawan, Rabu (28/12).

Pria yang menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut menegaskan, Ezra sendiri yang berinisiatif untuk berganti paspor. Bukan pihak PSSI yang mengomporinya untuk berbuat demikian.

“Bukan kami (PSSI) yang mau naturalisasi. Tapi dia (Ezra) yang mau sendiri pulang ke Indonesia,” terangnya.

“Umurnya kan memang baru 19 tahun. Jadi dia masih warga (negara) Belanda. Tapi dia (Ezra) memang menginginkan jadi WNI. Ini yang sedang kami amat-amati dahulu sekarang,” sambung Edy.

Ezra sendiri memulai karir sepakbolanya sejak 2012 lalu. Saat usianya baru 15 tahun, dia bergabung dengan Ajax Amsterdam B-2 atau U-16.

Di tahun pertama bersama Ajax Amsterdam, dia membawa timnya menguasai turnamen Lion City Cup di Singapura pada 2012 yang diikuti klub-klub elite Eropa lainnya. Hebatnya lagi, dia sukses menjadi top skor dalam kejuaraan tersebut.

Penampilan apik Ezra berbuah pemanggilan dari timnas junior Belanda. Tercatat, sejauh ini dia pernah memperkuat tim U-15, U-16, dan U-17 tim Oranje. (fit/asa) 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>