Published On: Wed, Oct 16th, 2013

Prospek cantik dari usaha pembuatan home set

InfoAnyar.com – Mayoritas pemilik rumah tentu ingin huniannya tampil cantik. Satu cara memperindah rumah saat ini adalah menggunakan sarung bercorak seragam untuk aneka peralatan dapur. Gaya ini memunculkan bisnis home set.

kitchen-setBanyak orang mungkin cuma sekali membeli rumah dalam hidupnya. Namun, kita tentu tidak pernah mengenal kata usai ketika menghias rumah. Saat ini banyak pemilik rumah yang tidak puas dengan hanya melakukan kegiatan pemeliharaan rutin. Mereka juga mempercantik rumahnya dengan aneka hiasan.

Satu jurus mempercantik rumah yang populer saat ini adalah menggunakan desain seragam. Termasuk dalam aliran ini adalah menggunakan kain pembungkus aneka peralatan rumah yang memiliki warna atau corak serupa.

Keinginan banyak ibu rumah tangga untuk menggunakan peralatan berkostum “seragam“ itu memunculkan peluang pembuatan home set. Istilah home set di sini mirip-mirip dengan bedding set. Jika yang terakhir merujuk ke aneka pembungkus peralatan di kamar tidur,  home set mengacu ke kostum berbagai peralatan dapur.

Home set yang standar mencakup sarung untuk galon air mineral, tutup kulkas, serta sarung untuk penanak nasi atau magic jar. Harganya berkisar Rp 120.000 hingga Rp 130.000. Adapun home set yang lengkap terdiri dari paket home set standar plus taplak meja makan dan tudung saji. Harga paket yang lengkap ini berkisar antara Rp 260.000 hingga Rp 400.000.

Permintaan terhadap produk hiasan ini tak mengenal pasang-surut. Dua pebisnis home set, Rini Yuniarni dan Fariska Maharani, sudah membuktikan semangat pemilik rumah, terutama sang nyonya, untuk memperindah huniannya, seakan tak pernah usai.

Simak saja pengalaman Reni dan Fariska. Bermodal strategi maklon untuk produksi dan pemasaran internet untuk memperluas pasar, kedua pebisnis home set itu menikmati periode balik modal yang cepat. Maklumlah, margin usaha pembuatan home set berkisar 45%.

Reni memulai usaha ini tiga tahun silam dengan modal dana Rp 3 juta plus dua unit mesin jahit. Bermitra dengan mantan teman sekantornya, Reni kini mencetak omzet usaha sekitar Rp 25 juta–Rp 30 juta dalam sebulan. Order yang ia terima per minggu biasanya sekitar 15 set–20 set.

Modal Fariska saat memulai usaha home set lebih kecil lagi, hanya Rp 1 juta. Namun, saat ini ia mampu menjaring pesanan senilai Rp 20 juta–Rp 30 juta.

Jika di tahun pertama omzet Anda tidak sebesar Reni dan Fariska tak perlu berkecil hati. Ida Farida Tambunan, yang baru merintis usaha ini tahun silam, mengaku membukukan penjualan senilai Rp 10 juta dalam sebulan.

sumber : kontan

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>