Published On: Thu, Oct 17th, 2013

Peneliti: Kol Tangkal Radiasi dari Terapi Kanker

InfoAnyar.com, Washington – Sayuran silangan, seperti kubis, kol, kembang kol, dan brokoli, diklaim bisa melindungi pasien dari radiasi selama terapi kanker. Meski baru berhasil diujicobakan pada tikus, peneliti yakin ini aman dan akan memiliki manfaat yang sama pada tubuh manusia.

kol-tangkal-radiasiDilaporkan laman Daily Mail, Senin, 14 Oktober 2013, sayuran ini bisa melindungi jaringan normal selama terapi radiasi untuk pengobatan kanker. Tidak hanya itu, kubis juga bisa mencegah dan mengurangi penyakit yang disebabkan oleh radiasi.

Dokter Eliot Rosen dan rekan-rekannya dari Georgetown Lombardi Comprehensive Cancer Centre di Amerika Serikat menemukan, sayuran silangan mengandung senyawa DIM (3-diindolylmethane). Sebelumnya, telah diketahui bahwa senyawa ini memiliki sifat pencegahan kanker.

Namun, untuk pertama kalinya, Rosen berhasil menemukan manfaat DIM untuk mengatasi pengaruh radiasi. DIM dapat melindungi jaringan normal pada pasien yang menerima terapi radiasi untuk pengobatan kanker.

Bahkan, senyawa ini juga berpotensi untuk melindungi seseorang dari konsekuensi mematikan bencana nuklir. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

sumber : tempo

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>