Published On: Tue, Dec 27th, 2016

Pendopo Boleh Dikunjungi Wisatawan Lalu Lintas Ramai Lancar saat Libur Natal

Share This
Tags

SUMUR BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menawarkan liburan berbeda bagi para wisatawan. Pria yang akrab disapa Emil ini mempersilahkan rumah dinasnya (Pendopo) dikunjungi para wisatawan selama libur akhir tahun hingga 1 Januari 2017 nanti.

Pengunjung bisa berfoto selfie atau sekedar melihat-lihat bangunan bersejarah tersebut. Syaratnya pun mudah, tinggal menitipkan KTP pada petugas keamanan di pintu masuk.

”Ini kami buka, berawal dari aspirasi warga yang ingin berwisata ke pendopo Kota Bandung. Makanya, mulai hari ini (Ahad, 25/12), pendopo akan terbuka untuk umum dan menjadi Wisata Pendopo,” ujar Emil kemarin (25/12).

Emil mengatakan, pendopo ini merupakan bangunan bersejarah. Karena, lebih dari satu abad menjadi kediaman Bupati pada zamannya. Kemudian, sekarang menjadi kediaman wali kota yang penuh dengan taman. ”Arsitektur pendopo, arsitektur limas yang tidak berdinding,” katanya.

Oleh karena itu, Emil mempersilakan, wisatawan dan warga Bandung yang mau berfoto-foto untuk melihat. ”Kami persilakan yang dan belum pernah datang ke sini untuk hadir,” katanya.

Namun, kata dia, agar bisa masuk ke Pendopo, ada beberapa persyaratannya. Di antaranya berpakaian sopan, tidak bawa makanan dan minuman serta menyesuaikan dengan peraturan yang ada.

Emil berharap, dengan adanya wisata pendopo ini menambah pengetahuan sejarah buat orang Bandung dan wisatawan. ”Seperti halnya kalau kita ke Jogja ingin masuk ke Keraton. Tidak jauh dari itu kita berikan keindahan pendopo untuk masyarakat,” katanya.

Selain itu, kata dia, untuk wisata Pendopo ini akan ada tour guide-nya. Sehingga sejarah yang ada di sini, bisa dijelaskan oleh guide tersebut.

Emil ini mengajak wisatawan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi ke lokasi wisata. Dengan beralih ke transportasi umum tau bahkan bersepeda hingga berjalan kaki.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>