Published On: Fri, Aug 9th, 2013

Menikmati Pesona Lombok

InfoAnyar.com – Tidak hanya wisata pantai, di Lombok, para pecinta alam pegunungan pun dapat dimajakan dengan panorama Gunung Rinjani. Apalagi, di kawasan kaki gunung tersebut terdapat sejumlah air terjun yang begitu indah dipandang. Seperti, Tiu Pepe. Di bawah air terjun nan menawan itu pun banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berendam atau bahkan berenang Pulau Lombok amat dikenal dengan panorama alamnya nan eksotis dan menawan. Utamanya pemandangan pantai yang memikat. Berwisata ke pulau yang terletak di propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu siapapun tentu akan memiliki kesan yang mendalam.

Kesan berwisata di kawasan Indonesia Tenggah pun segera terasa demikian sampai bandara Selaparang, Mataram NTB. Lalu, selepas dari bandara keindahan Pulau Lombok pun dapat segera dinikmati. Berkendara sekitar 30 menit dari Selaparang, turis akan memasuki wilayah Lombok Tengah. Lokasinya berada di sebelah selatan Gunung Rinjani. Di kawasan Lombok Tengah inilah terhampar pantai berpasir putih nan molek yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Rangkaian pantai yang tepat untuk berselancar itu menjadi incaran turis asing dari berbagai dunia.

Di Lombok Tengah, terdapat pula Desa Sukarare yang populer dengan kain tenun tradisional. Bila memungkinkan, tak ada salahnya untuk berkunjung ke desa yang terkenal dengan Kain Songket itu. Melanjutkan perjalanan sekitar 6 km ke arah utara Mataram, wisatawan akan memasuki wilayah Lombok Barat. Disana, terdapat destinasi wisata yang memiliki keindahan pantai yang memesona, yaitu Senggigi.

Wilayah Senggigi pada dasarnya merupakan rangkaian sejumlah teluk yang landai dengan hamparan pantai nan cantik. Berada di Senggigi, pelancong tentu tidak akan merasa bosan. Terlebih, disana tak sulit menemukan hotel. Sebut saja hotel Sheraton Senggigi Beach Resort di bilangan Jl Raya Senggigi. Atau, Holiday Inn Resort di kawasan Jl Raya Mangit, Senggigi. Jadi, tinggal di Senggigi beberapa hari rasanya dapat pula dipertimbangkan. Bagi pecinta wisata bahari, khususnya diving dan snorkeling, datang saja ke lepas pantai barat laut Pulau Lombok.

Di sana, turis akan menemui tiga pulau kecil, Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiga pulau tersebut, selain menawarkan pemandangannya nan elok, juga dikenal dengan kejernihan air dan biota lautnya. Alam bawah laut pulau-pulau itu, menjadi habitat beragam ikan-ikan kecil berwarna-warni. Di Gili Meno dan Gili Air terdapat hamparan karang biru yang terlihat unik. Konon, di dunia karang serupa itu hanya terdapat di dua wilayah negara. Selain di kedua pulau kecil di kawasan Pulua Lombok itu, karang sejenis dapat ditemui pula di laut Karibia.

Penasaran? Memang ketiga pulau itu layak untuk dikunjungi. Apalagi, atmosfir pedesaan nan asri masih sangat kental terasa disana. Diantara ketiga pulau-pulau kecil itu Gili Trawangan merupakan pulau yang ukurannya paling besar. Disana, turis dapat berjalan mengelilingi pulau dan menemukan sebuah meriam. Konon, meriam itu merupakan peninggalan tentara Jepang yang dulu pernah menduduki pulau kecil itu.

Di Gili Trawangan, terdapat sebuah bukit. Berdiri di atas bukit tersebut pada saat matahari terbenam, pelancong dapat menyaksikan Gunung Agung di Pulau Bali dari kejauhan. Menyebut kata Bali, kita akan segera teringat dengan keindahan Pantai Kuta. Namun, tidak hanya di Pulau Dewata, Pulau Lombok pun memiliki pantai yang dinamai Pantai Kuta. Pantai itu menjadi destinasi favorit di kawasan Lombok bagian selatan.

Selain hamparan pasir putihnya yang memesona, air lautnya pun terlihat membiru. Dibandingkan Pantai Kuta, Bali, bisa dibilang Pantai Kuta, Lombok memang jauh lebih sepi. Dengan demikian, suasana tenang pun akan didapat para turis yang berkunjung. Sekitar 7km dari Pantai Kuta, Lombok, terdapat Tanjung Aan. Merupakan destinasi yang tepat untuk berselancar. Untuk mencapainya, Dari Kuta, wisatawan dapat menyewa perahu nelayan.

Tanjung Aan pada dasarnya adalah pantai di Pulau Lombok yang lagi-lagi menawarkan panorama alam laut yang jelita. Tidak hanya wisata pantai, di Lombok, para pecinta alam pegunungan pun dapat dimajakan dengan panorama Gunung Rinjani. Apalagi, di kawasan kaki gunung tersebut terdapat sejumlah air terjun yang begitu indah dipandang. Seperti, Tiu Pepe. Di bawah air terjun nan menawan itu pun banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berendam atau bahkan berenang. Lokasi Gunung Rinjani, berada di Pulau Lombok bagian utara.

sumber : republika.co.id

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>