Published On: Wed, Oct 30th, 2013

Mata Cepat Kering? Mungkin Posisi Layar Monitor Komputer Penyebabnya

InfoAnyar.com, Jakarta – Mata kering saat bekerja dengan komputer dalam waktu lama dipicu oleh penguapan yang tinggi di permukaan bola mata. Laju penguapan itu dipengaruhi pula oleh posisi layar monitor terhadap mata. Bagaimana agar mata tak cepat kering?

mata-lelah

Penting untuk diingat, posisi layar monitor sebaiknya tidak terlalu tinggi sehingga kepala tidak perlu mendongak untuk melihatnya. Semakin tinggi, semakin tidak nyaman bagi leher, dan terutama bagi mata karena membuatnya cepat terasa kering.

“Kalau posisinya terlalu tinggi, mata cenderung lebih cepat kering karena penguapannya tinggi,” kata dr Nina Ratnaningsih, SpM, MSc (CEH), pakar oftalmologi komunitas dari RS Cicendo, Bandung, dalam perbincangan dengan detikHealth, seperti ditulis para Rabu (30/10/2013).

Posisi layar monitor yang sejajar dengan mata pun masih kurang nyaman bila dikaitkan dengan penguapan di permukaan bola mata. Menurut dr Nina, posisi yang dianjurkan adalah sedikit lebih rendah dari mata untuk mengurangi penguapan yang menyebabkan mata kering.

Jika semakin tinggi posisi layar monitor membuat mata semakin cepat kering, seharusnya semakin rendah posisi layar monitor akan semakin nyaman di mata karena penguapannya semakin sendikit. Namun diingatkan oleh dr Nina, posisi yang terlalu rendah akan terasa pegal.

“Posisi meja dan kursi juga harus ergonomis, artinya sesuai posisi tubuh kita saat seperti biasa. Duduk nyaman saja,” kata dr Nina.

Tentunya bila posisi layar monitor sudah pas, bukan berarti tidak butuh mengistirahatkan mata lagi. Anjuran untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit, selama 20 detik untuk melihat objek jauh pada jarak 20 kaki (6 meter) tetap harus dipatuhi bila tak ingin mata cepat rusak.

sumber : detikhealth

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>