Published On: Mon, Oct 21st, 2013

Masalah kesehatan yang dialami wanita saat datang bulan

InfoAnyar.com – Siklus menstruasi tentu dialami oleh setiap wanita. Beberapa di antara mereka terkadang juga menderita masalah kesehatan saat datang bulan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

nyeri-haid

Nyeri haid
Ketika dinding rahim meluruh, terjadilah menstruasi. Terkadang proses tersebut menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan, karena rahim mengalami kontraksi. Jika rasa sakit begitu menyiksa sampai membuat tubuh tak sanggup bergerak, segera hubungi dokter.

Darah yang banyak
Masalah kesehatan lain yang dialami wanita saat datang bulan adalah keluar darah yang terlalu banyak. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Jika dibiarkan, wanita bisa menderita anemia. Selain minum obat, mengonsumsi makanan tertentu bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Tidak teratur
Beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang normal atau setiap 28 hari sekali. Sementara ada pula wanita yang siklus haidnya tidak teratur, entah itu terlalu cepat atau terlalu lambat. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon atau penyakit tertentu.

Sensitif
Perubahan hormon bukan cuma memengaruhi kondisi fisik wanita saat datang bulan, tetapi juga suasana hati mereka. Jadi tak heran jika wanita berubah sensitif, mudah marah, sampai depresi saat menstruasi tiba.

Sakit kepala dan kembung
Kedua kondisi ini juga umum dialami oleh wanita yang datang bulan. Penyebabnya lagi-lagi adalah perubahan hormon. Obat dan makanan tertentu bisa membantu wanita meredakan sakit kepala dan kembung yang dialami.

Itulah berbagai masalah kesehatan yang dialami wanita saat datang bulan. Apakah Anda juga merasakan hal serupa?

sumber : merdeka

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>