Published On: Fri, Aug 2nd, 2013

Kunjungan wisman ke Bali naik 6,61 persen

InfoAnyar.com, Denpasar – Bali menerima kunjungan 1,49 juta wisatawan mancanegara (wisman) selama semester pertama 2013, meningkat 6,61 persen dibandingkan semester yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 1,4 juta orang.

wisatawan_asing_di_patung_garuda_wisnu_kencana_di_bukit_jimbaran__bali_663_382“Mereka sebagian besar datang melalui Bandara Ngurah Rai, Bali, dengan menumpang pesawat yang terbang langsung dari negaranya, hanya 19.739 orang yang datang melalui pelabuhan laut dengan menumpang kapal pesiar,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Gede Suarsa, di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, Bali menetapkan sasaran untuk mampu menggaet kunjungan wisman sebanyak 2,8 juta orang selama tahun 2013, lebih rendah dari realisasi kunjungan tahun 2012 yang tercatat 2,94 juta orang.

Sasaran tersebut optimis dapat tercapai, mengingat Pemerintah Provinsi Bali mengimbanginya dengan berbagai upaya antara lain promosi yang lebih intensif ke negara-negara potensial pemasok turis ke Pulau Dewata.

Selain itu juga melakukan berbagai kegiatan festival seni dan budaya yang mampu menambah daya tarik Bali, antara lain Pesta Kesenian Bali (PKB) dan kegiatan serupa di tingkat kabupaten maupun objek wisata.

Gede Suarsa menambahkan, dari sepuluh negara terbanyak memasok wisman ke Bali, delapan negara di antaranya meningkat signifikan dan hanya dua negara masyarakatnya berkurang ke Pulau Dewata.

Ketujuh negara yang masyarakatnya semakin banyak berliburan ke Pulau Bali antara lain Australia meningkat 3,23 persen, menyusul China 15,09 persen, dan Jepang 17,83 persen. Selain itu masyarakat Malaysia meningkat 11,35 persen, Singapura 14,14 Persen, Taiwan 9,05 Persen, Amerika Serikat 10,79 Persen dan Prancis 0,24 Persen. Sedangkan dua negara yang masyarakatnya berkurang ke Bali meliputi Korea Selatan 2,42 persen dan Inggris 5,43 persen, demikian Gede Suarsa.

sumber : antaranews.com

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>