Published On: Wed, Oct 2nd, 2013

Keberanian Hj. Eni Sumarni Memperjuangkan Etika Politik

InfoAnyar.com, Bandung – Dra. Ir. Hj. Eni Sumarni, M.Kes lahir di Sumedang pada tanggal 27 Oktober 1963 di Situraja Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Lahir dilingkungan keluarga pendidik telah membentuk dirinya menjadi sosok pribadi yang selalu ingin mengabdi demi kemajuan masyarakat. Beliau merupakan istri seorang Laksamana Pertama TNI H. Supriyadi dan merupakan sosok perempuan yang terbilang tangguh, cerdas, teguh dalam pendirian dan fisioner. Keinginannya mengabdi untuk masyarakat dan bangsanya tercermin dari profesi yang pernah digeluti, yaitu dosen di sebuah perguruan tinggi di Surabaya.

eni-sumarniUntuk urusan sekolah, Ibu dari Fenny Fusfyta Retnawati Supriyadi, SE, MBA dan Trendyar Supriyadi, ST. ini tergolong sosok yang salalu giat menimba ilmu. Dua gelar Sarjananya berhasil beliau raih dari Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Bandung dan Institut Teknologi Pembangunan Surabaya, sedangkan gelar Magister Kesehatan diraihnya dari Universitas Airlangga Surabaya. Keberhasilan dirinya sebagai seorang Ibu dalam mendidik putera-puterinya menjadikan sosok idealis yang beliau miliki dan membuat jiwanya terpanggil untuk berbuat yang terbaik pula bagi masyarakat dan bangsanya. Hj. Eni Sumarni yang sudah merasa tidak memiliki beban keluarga, ingin terus berbuat bagi daerah maupun bangsanya yang sedang mengalami masa-masa memprihatinkan baik secara politik, ekonomi dan budaya.

Saat ini Hj. Eni Sumarni dalam kesehariannya menjadi pengayom beberapa komunitas masyarakat dari Yayasan Adat bidang pendidikan, bidang pertanian, para seniman dan budayawan di Sumedang. Keinginannya untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan bangsanya pada tahun 2013, Hj. Eni Sumarni berhasil menjadi salah satu calon Bupati Kabupaten Sumedang dari jalur perseorangan. Walaupun dirinya belum berhasil menggapai cita-citanya untuk lebih mengabdi bagi masyarakat Sumedang, namun dirinya mendapatkan pengalaman dan kepuasan pribadi karena telah memberikan pendidikan politik dan pencerahan pada masyarakat Sumedang yang tidak dilakukan oleh calon-calon Bupati lainnya.

eni-dan-wayang-srikandi-300x200 eni2-300x199

Hj. Eni Sumarni memiliki prinsip bahwa politik uang jual beli suara rakyat dan politik transaksional harus dihentikan dalam proses pemilihan pemimpin bangsa ini, biaya tinggi yang dikeluarkan oleh seorang Bupati atau Gubernur maupun Presiden selain telah menghancurkan moral bangsa juga akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang korup, sehingga pemimpin seperti ini  tentu harus mengembalikan biaya yang telah dikeluarkan selama proses menjadi pemimpin. Karena gaji pemimpin tidak akan cukup untuk menutupi biaya saat kampanye,. Dan tentu saja ujung-ujungnya tetap saja masyarakat yang akan menjadi korban karena pemimpinnya hanya sibuk dengan urusannya yang berupaya mengembalikan modal yang telah mereka keluarkan,

eni-so-IMG_2256-300x199

Namun berkat idealisme dan pemikiran yang fisioner  dari seorang Hj. Eni Sumarni, membawa dirinya meraih penghargaan Indonesian Most Initiator Award 2013 pada bulan Juni lalu. Sebuah penghargaan bagi para tokoh yang memperjuangkan etika politik dan pemberdayaan masyarakat secara mandiri dan penuh keberanian. Hj. Eni Sumarni pun mendapatkan mandat sebagai Ibu Pelestari Budaya Sunda di Sumedang. Beliau mendapat Wayang Sri Kandi dari ketua penyelenggara kesenian sunda yang pada waktu itu diselenggarakan di Sumedang. Selain itu, beliau berkeyakinan berpolitik tidak harus masuk partai politik dan beliau juga yakin bahwa berpolitik itu harus memiliki etika dan moral, serta tetap memegang teguh ajaran agama yang kita yakini. Bagi Hj. Eni Sumarni berpolitik adalah pengabdian untuk masyarakat dan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat.

Saat ini Hj. Eni Sumarni manjadi salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia atau DPD RI daerah pemilihan Jawa Barat. Hj. Eni Sumarni siap mengabdi dan berjuang dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat Jawa Barat dengan tetap mengutamakan kebersamaan. Inilah tokoh wanita asal Jawa Barat yang cerdas, berani dan amanah untuk berkiprah di panggung politik nasional demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>