Published On: Mon, Oct 17th, 2016

Kampanyekan Hidup Sehat dan Bersih, Kota Cimahi Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun

Share This
Tags

CIMAHI – Kota Cimahi ikut serta memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se-dunia. Acara yang sebelumnya dirangkai dengan kegiatan senam bersama para kader posyandu, kader PKK beserta masyarakat Kota Cimahi itu, dilaksanakan di lapangan RW 17 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan.

Wali Kota Cimahi, Atty Suharti yang ikut hadir dalam acara ini menyambut baik adanya peringatan HCTPS sedunia tingkat Kota Cimahi. Atty mengatakan, acara bertema ”Make Handwashing a Habit” ini selaras dengan HCTPS diwilayahnya yang ingin menjadikan cuci tangan pakai sabun sebagai suatu kebiasaan masyarakat  di Kota Cimahi. Menurutnya, CTPS merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit ispa, flu burung, diare, cacingan, typhus atau penyakit lain yang ditularkan melalui kotoran. Sehingga menurut Atty, penting untuk menyampaikan pesan ini sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit tersebut lebih luas, ” Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat membiasakan  cuci tangan pakai sabun,” katanya Jumat (14/10).

Atty menyebutkan, pembangunan kesehatan ini pun untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk. Tujuannya, untuk mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Dengan kata lain diharapkannya,  masyarakat mampu berperan sebagai pelaku pembangunan kesehatan dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat sekitar.

”Pemberdayaan masyarakat dalam melaksanakan PHBS dilaksanakan di 5 (lima) tatanan, yaitu tatanan rumah tangga, institusi pendidikan, institusi perkantoran/ tempat kerja, institusi pelayanan kesehatan, dan tempat-tempat umum,” sebutnya.

Atty merasa bangga karena masyarakat Kota Cimahi memiliki motivasi kuat untuk menerapkan perilaku cuci tangan pakai sabun. Sebab kata dia, tujuan pembangunan kesehatan tidak akan tercapai bila dilakukan oleh sektor kesehatan saja, maka dibutuhkan bantuan semua pihak di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi secara lintas sektor, baik legislatif, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi dan lembaga keagamaan.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>