Published On: Wed, Oct 30th, 2013

Hindari mark up logistik pemilu, KPU pakai sistem online

InfoAnyar.com, Jakarta – Menjelang Pemilu 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai menggelar pra kualifikasi lelang pengadaan barang dan jasa. Di antaranya, surat suara, tinta, formulir dan sebagainya.

logistik-pilgubMenurut Komisioner KPU Arif Budiman, untuk meminimalisir terjadinya penyelewengan dan mark up pengadaan barang atau jasa, KPU melakukan berbagai terobosan. Salah satunya adalah lelang logistik pemilu dilakukan dengan sistem online.

“Dilakukan dengan elektronik,” tegas Arief kepada wartawan di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (29/10).

Menurut dia, dengan menggunakan sistem online diharapkan dapat meminimalisir pertemuan orang per orang. Sehingga transaksi yang menjurus kecurangan dapat dicegah.

Arif menambahkan, tidak semua pendaftar lelang logistik diterima oleh KPU. Ada sejumlah syarat-syarat yang harus dilengkapi dan dimiliki oleh peserta lelang. Seperti perusahaan harus berbadan hukum, kemampuan produksi dan tepat waktu, mesin cetak yang dimiliki dan lain sebagainya.

“Pokoknya siapa pun yang memenuhi syarat boleh. Kalau dibatasi, ya memenuhi syarat itu. Pengadaan proses lelang kita sudah mulai. Tahapan pengumuman sudah kita lakukan sejak tanggal 16 Oktober lalu dan sekarang pra kualifikasi sudah banyak yang daftar. Lalu tanggal 14 November nanti akan dimulai proses pelelangan, jelasnya.

sumber : merdeka

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>