Published On: Tue, Apr 2nd, 2013

Dinas Pelayanan Pajak Optimistis Target Pajak Terlampaui

InfoAnyar.com, Bnadung – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) mulai 1 April berubah nama menjadi Dinas Pelayanan Pajak. Digantinya nama lembaga termasuk pimpinannya tersebut diharapkan bisa lebih optimal dalam pelayanan.

“Adanya perubahan SOTK (struktur organisasi dan tata kerja) dari Dispenda menjadi Dinas Pelayanan Pajak, maka dalam satu minggu ini harus diganti papan namanya,” ujar Plt Sekda Kota Bandung, Yossi Irianto usai kunjungan ke Dinas Pelayanan Pajak, di Balaikota Bandung, Selasa (2/4).

Bergantinya Dispenda ke Dinas Pelayanan Pajak, kata Yossi, maka tugas pokok dan fungsinya lebih fokus pada pajak dan kepala bagian ditambah adanya bagian khusus penagihan. “Selama pendapatan dan penagihan menjadi satu tapi mulai April ini berbeda bidang,” ujar Yossi.

Pelayanan pajak menangani 9 jenis pajak yaitu  PBB (pajak bumi dan bangunan), hotel, restoran, hiburan, parkir, reklame, PPJU, air bawah tanah dan bphtb (bea pengelolaan hak atas tanah dan bangunan). “Penghasilan terbesar dari BPHTB,” ujar Yossi.

Meski ada perubahan nama, namun sumber daya manusia yang ada saat ini masih memadai. Kinerja SDM yang ada sudah baik dan harus dipertahankan karena tahun 2012 pendapatan pajak melebihi target dari Rp 900 miliar tercapai Rp 1 triliun. Begitu juga pendapatan tahun 2013 semestinya tiga bulan ini target Rp 175 miliar tapi sudah tercapai Rp 230 miliar.

“Total target tahun 2013 dari 9 jenis pajak sebesar Rp 1,56 triliun,” ujar Yossi.

 

sumber:tribunnews.com

None found.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*