Published On: Wed, Oct 23rd, 2013

Diabetes tipe 3: Penyebab, gejala, dan pengobatan

InfoAnyar.com – Selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui kondisi diabetes tipe 1 dan 2 saja. Namun sebenarnya ada pula kondisi diabetes tipe 3. Seperti apa penyebab dan gejalanya? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Health Me Up berikut ini.

diabetes-tipe-3-penyebab-gejala-dan-pengobatanPengertian
Jika diabetes tipe 1 disebabkan oleh keturunan dan diabetes tipe 2 muncul akibat gaya hidup, diabetes tipe 3 bisa diartikan sebagai gabungan dari keduanya dan dikaitkan dengan fungsi otak. Menurut penelitian tahun lalu, kombinasi ketidakmampuan pankreas dalam menghasilkan insulin (tipe 1) dan kondisi tubuh yang tak lagi merespon insulin (tipe 2), bisa menyebabkan penyakit jantung, kebutaan, amputasi, hingga kematian.

Penyebab
Sayangnya, belum ada ahli kesehatan yang belum yakin dengan penyebab diabetes tipe 3 ini. Sebab baru ada sedikit sekali penelitian yang membahasnya.

Gejala
Gejala diabetes tipe 3 hampir sama dengan diabetes tipe lainnya. Namun biasanya diabetes tipe 3 ini dikaitkan dengan kehilangan memori dan gangguan fungsi otak.

Pengobatan
Sama seperti gejala, pengobatan untuk pasien diabetes tipe 3 hampir sama dengan diabetes tipe lainnya. Belum ada perlakuan khusus karena peneliti dan ahli kesehatan masih belum yakin akan sebab kondisi tersebut.

Faktor risiko
Sementara itu, beberapa faktor risiko yang bisa memunculkan kondisi diabetes tipe 3 adalah obesitas. Sehingga berat badan ideal perlu dijaga demi menangkal diabetes tipe 3 dan tipe lainnya.

Itulah penjelasan mengenai diabetes tipe 3. Jangan lupa menahan diri dari konsumsi makanan manis serta berolahraga secara teratur demi mencegah penyakit diabetes seluruh tipe.

sumber : merdeka

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>