Published On: Mon, Nov 7th, 2016

Bandung Akan Bangun Lima Danau Resapan

Share This
Tags

SUMUR BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mencanangkan program danau resapan di lima titik di Kota Bandung pada 2017 mendatang guna antisipasi terjadinya banjir. Hal tersebut dilakukan karena melihat situasi dan keadaan sungai di Kota Bandung tidak bisa menampung tingginya debit air saat hujan deras.

Emil, sapaan akrabnya menjelaskan, pembangunan lima danau resapan termasuk dalam program jangka panjang yang sudah direncanakan sejak 2015 silam. Meskipun sudah direncanakan tiga tahun silam danau resapan tersebut memang belum berupa fisik. Sebab, sambung Emil, di tahun pertama harus dilakukan pembebasan lahan, tahun kedua membahas Detail Engineering Design (DED) memasuki tahun ke tiga (2017) mulai pembangunan dan hasilnya di tahun ke empat.

”Memang sudah lama direncanakan tapi kan tidak bisa langsung jadi begitu saja semua ada tahapannya. Lima danau resapan tersebut berada di kawasan Jalan Bima, depan Pasar Gedebage, wilayah Jalan Sinaraga, Jalan Babakan Jeruk dan danau Raksasanya,” jelasnya kepada wartwan saat saat ditemui disela-sela kegiatan.

Lebih lanjut, Emil mengatakan, program jangka panjang tersebut sudah dikolaborasikan dengan program jangka pendek di antaranya membangun tol air dan memperbesar tol gorong-gorong 2X2 meter dan sampai saat ini program tersebut masih berjalan.

”Apakah gara-gara mengunggu program jangka panjang lantas kami tidak ada pekerjaan? tidak. Buktinya kami sudah mengkolaborasikan dengan program jangka pendek,” terangnya.

Disinggung minimnya resapan air di Kawasan Bandung Utara (KBU), Emil menegaskan, selama tiga tahun terakhir pihaknya sudah menolak delapan proposal pembangunan apartemen dan menghentikan 1.300 pembangunan tanpa izin.

”Kata siapa saya ramah pada developer pembangunan, banyak bangunan liar yang saya segel di KBU,” terangnya.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>