Published On: Mon, Oct 17th, 2016

Asyiknya Pungut Sampah Ceria, Program Bandungku Bersih Memasuki Pekan Kedua

Share This
Tags

BOJONGLOA KIDUL – Gelaran Bandungku Bersih yang digagas Jabar Ekspres bersama pemerintah Kota Bandung memasuki pekan kedua. Kali ini, Bandungku bersih digelar di Lapangan RW 01, Kelurahan Cibaduyut Kidul, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, kemarin (16/10). Bandungku Bersih merupakan gerakan bersih-bersih yang dilakukan di lingkungan terkecil seperti RW hingga kelurahan.

komenkomen2Jabar Ekspres mengemas program Bandungku Bersih dengan konsep ceria. Warga diajak memungut sampah mulai dari halaman rumah, gang-gang hingga jalan desa. Setelah aksi pungut sampah, Jabar Ekspres menyediakan panggung senam sehat dan hiburan rakyat. Selain itu, panitia juga mengadakan lomba kreasi makanan sehat berbahan dasar ubi-ubian.

Penanggung Jawab Program Bandungku Bersih Odilius Wicahyadi mengatakan, Jabar Ekspres ingin berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan hidup. ”Kota Bandung kini telah meraih Piala Adipura. Kami ingin mendukung pemkot Bandung agar bisa mempertahankan Piala Adipura. Maka itu, kami mulai melakukan aksi bersih-bersih di lingkungan terkecil,” ujar Odi di sela acara kemarin.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Cibaduyut Kidul Heri Hermawan menilai, Bandungku Bersih merupakan program yang sangat mengedukasi warga agar mau melakukan aksi bersih-bersih secara sederhana. Menurut dia, tidak semua warga di kelurahannya memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. ”Kita memiliki program GPS alias Gerakan Pungut Sampah. Kita juga punya tenaga kebersihan dan tim gorong-gorong yang berjumlah 25 orang. Namun, kalau dari masyarakatnya kurang memahami ya susah juga menjaga kebersihan. Untuk itu, Bandungku Bersih ini sangat bagus karena dikemas dengan ceria sehingga warga mau bersih-bersih dengan senang hati,” ujar Heri.

Ketua RW 01 Kelurahan Cibaduyut Kidul, Kecamatan Bojongloa Kidul Eteng Mustofa mengatakan, program Bandungku Bersih dapat menyatukan kekompakan warga. Pasalnya, warga menjadi bersemangat bergotong royong membersihkan rumah, halaman dan gang-gang. ”Kita pernah jadi juara pada Hari Jadi Kota Bandung. Warga di sini, Alhamdulillah sudah terbiasa menjaga lingkungan. Dengan adanya Bandungku Bersih, warga semakin semangat bersih-bersih,” ungkap Eteng.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>