Published On: Mon, Jan 2nd, 2017

Akselerasi di Tengah Krisis Ekonomi PPP Jadi Pendorong Bandung Juara

Share This
Tags

DI tengah perampingan keuangan oleh pemerintah pusat, tak membuat Pemerintah Kota Bandung untuk menjalankan beragam program pembangunan. Sebab, Wali Kota Ridwan Kamil memiliki jurus jitu yaitu dengan menerapkan pola Public  Private Partnership (PPP) atau kemitraan pemerintah dengan swasta.

Dengan digulirkannya program ini, banyak sarana infrastruktur pemerintahan, infrastruktur komersial serta sosial yang terus dibangun. Sebab, program PPP menjadi upaya percepatan mewujudkan Bandung lebih modern. Dalam bingkai visi Wali Kota Ridwan Kamil.

Untuk diketahui, rencana pembangunan Kota Bandung di visi Wali Kota Ridwan Kamil tertuang dalam Bandung Urban Infrastructure Projects (BUIP). Didokumentasikan awal tahun 2016. Di dalam BUIP, proyek terbagi menjadi tiga kelompok. Yakni, 17 proyek infrastruktur komersial, 66 proyek infrastruktur sosial, 9 proyek infrastruktur pemerintahan. Total kebutuhan biaya mencapai Rp 60 triliun.

Rincian lainnya, proyek yang diprioritaskan untuk segera dibangun adalah penerangan jalan umum Rp 552 miliar, RSUD Rp 3,7 triliun, rumah sakit khusus ibu dan anak Rp 850 miliar, cable car 3 koridor Rp 4,1 triliun, apartemen rakyat Rp 6,9 triliun, dan flyover di 30 titik sekitar Rp 1,8 triliun.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menegaskan, public private partnership sudah dirancang dalam Bandung Urban Infrastructure Projects (BUIP). Di mana disebutkan dalam konsep ini ada tiga proyek yang terbagi menjadi tiga kelompok. Yakni, proyek infrastruktur komersial, proyek infrastruktur sosial, serta proyek infrastruktur pemerintahan.

“Ada tiga proyek yang akan dikerjakan menggunakan konsep PPP. Dalam membangun Kota Bandung,” katanya kepada Bandung Ekspres saat ditemui seusai rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Jalan Sukabumi,

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>